“Hydrengea, Si Jumbo Yang Rupawan”

Mau sedikit share tentang bunga HYDRANGEA nih. Udah Pada tau kan bunga “Hydrengea” itu seperti apa??? pasti tau lah, orang udah banyak dijual dipasaran. πŸ™‚
Saya mau ngebahas masalah ini karena pohon bunga “hydrengea” -ku yang ku beli di berastagi (kawasan wisata di sumatera utara) gak berbunga – bunga. Sama sekali gak muncul bakal putik atau apapun itu. hanya daunnya saja yang tumbuh subur.. tanpa gangguann hama. Sedikit bersyukur juga sih. =D Pertama kali ngeliat bunga itu tuh, di dalam komik jepang. nama komiknya “Shibau” ngeliat gambar bunganya itu yang bertumpuk dan gede gede sungguh membuat mata berbinar. Pengen tau namanya!!!! dan ternyata sekarang tau…. Nama bunganya adalah Hydrengea. dan bunga itu termaksud dalam kategori to 10 bunga paling cantik di dunia.

Hydrangea

Β hydrangea_purpule

“Hydrengea (Inggris), “Ajiisai (Jepang)”, ataupun diIndonesia lebih dikenal dengan sebutan “Bunga Panca Warna/ Bunga Apel”.
Hydrengea merupakan plantae yang ber ordo Cornales, ini adalah salah satu buga khas negara Jepang, selaiin bunga Sakura tentunya. Bunga ini cukup terkenal karena karekteristik bunganya yang memiliki bonggol bunga yang besar. bonggol bunga tersebut sebenarnya merupakan kumpulan dari bunga bunga kecil. :3

Dan salah satu yang membuat bunga ini bisa dibilang “WOW” bunga ini dapat berubah warna sesuka Hatinya. maksudnya sesuka hati yaitu, bunga tersebut dapat berubah warna berdasarkan kadar PH tanah yang kita sediakan untuk tumbuhnya tuh bunga. Apa bila media tumbuh bunga hydrengea itu banyak mengandung asam (PH < 7, maka bunga akan berubah menjadi biru), dan begitu pula sebaliknya. Apa bila media tumbuhnya mengandung basa (PH > 7, maka bunganya akan menjadi warna Pink) :3
Jadi teringat pelajaran KIMIA deh, tentang kertas lakmus. :3. Bedanya kalau di kertas lakmus, apabila kena PH < 7 warna kertas lakmusnya yang merah, dan apabila kena PH> 7 warna kertas lakmusnya jadi biru. Kebalikan deh merekaaa πŸ™‚

ini dia pict nya:

hydrangea_pink

hydrangea_green

Dan terus Bunga Hydrengea itu sedikit sensitif terhadap rangsangan cahaya matahari.
Apabila bunganya yang tadinya berwarna biru pekat / ungu bisa lama lama memudar gitu jadi hijau atau bahkan jadi warna putih. :3. Proses Pemupukan juga bisa berpengaruh penting untuk pertumbuhan tu bunga. bukan hanya untuk perubahan warna bunga. Tapi untuk merubah ukuran bunga itu. menjadi jumbooo :3

Selain itu bunga hydrengea memiliki banyak manfaatnyaaaaa
Kyaaaaa!!!!! amazin kali ini bunga.!!!!!! >_<
Udah lah cantik, bermanfaat pula itu

Salah satu manfaatnya adalah sebagai aroma terapi dan untuk mengobati batu ginjal. Bay the way,, aku belum pernah sih mencoba aroma terapi bunga ini, jadi pengen nyoba. Bunga Hydrangea liar atau dalam bahasa latin hydrangea arborescens banyak digunakan untuk perose pengobatan batu ginjal.

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan, obat yang terbuat dari akar hydrangea bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, menurut ilmuwan, efektif dalam mengatasi multiple sclerosis (penyakit yang menyerang sistem saraf pusat), psoriasis ( sejenis penyakit kulit dimana penderita mengalami pergantian kulit yang sangat cepat) serta diabetes, dan arthritis. Penyakit – penyakit seperti ini biasanya muncul saat antibodi atau sisstem kekebalan sudah tidak dapat berkeja dengan baik lagi. Dan katanya…., akar dari tumbuhan Hydrangea ini bisa membantu dalam pengobatan dan penyembuhan penyaki tersebut.
awawawawawa ternyata si jumbo penuh warna ini banyak manfaatnya =D

Tapi satu pertanyaanku. Why bunga hydrengea di pekarangan rumahku kok belum berbunga juga???? -_-
Padahal kalau dibilang tumbuhannya tumbuh subur loh…???

Berikut ini adalah cara perawatan tanaman hydrengea.
Sediakan media tumbuh yang cukup luas untuk bunga hydrengea.
Atur kadar PH tanah sesuai yang diinginkan, agar menghasilkan warna bunga yang diinginkan.
Untuk membuat tanaman ini mengeluarkan bunga, biasanya kita memangkas tanaman ini. sehingga tanaman ini nantinya akan ber-regenerasi sehingga menghasilkan tunas baru. Dan nanti aka menghasilkan *walllaaaaaa…..* bungaaa baru deh, sesuai keinginan kita.
=D

Pemupukan sih, sebaiknya jangan banyak banyak deh. Nanti mentang mentang mau menghasilkan bunga dengan warna ungu terang kita banyak banyak ngasi asam (cuka atau perasan air jeruk nipis) atau pun malahan jangan” kalau mau nghasilkan tanaman berwarna pink kita kasi air sabun pula nanti. yang iya nanti matek bunganya.
Sebaiknya bunganya di periksa kadar asam basanya 1minggu sekali deh, baru proses pemberian asam basanya agak jarang aja. 3minggu sekali.

Selamat mencoba yaaa.
Nanti kalau bunganya berhasil berbunga kabar kabari.
Mana tau ada info yang belum saya bagi bagi. ^_^
Soalnya bunga hydrengea ku belum berbunga -bunga nih.

Advertisements

4 thoughts on ““Hydrengea, Si Jumbo Yang Rupawan”

  1. Thank you for visiting my blog today. I appreciate the time you took to stop by. May your day be filled with joy and peace.
    BE ENCOURAGED! BE BLESSED!

  2. Hydrangea yang jenis “Endless Summer” di tempatku berbunga kok, besar, banyak dan PINK! Hanya saja jenis endless summer, sepertinya belum available secara komersil disini.

    Jenis ini daun nya matte, tidak glossy dan batang nya tipis dan ini jenis yang super mudah tumbuh di Jakarta. Tapi mereka suka nya agak teduh.. Dan ini jenis baru yang bisa berbunga di kayu baru dan kayu lama, berbeda dengan jenis kuno yang hanya berbunga di kayu baru (seperti mawar, harus di potong dulu baru berbunga).

    • Benarkah?? tapi kenapa hydrangea punya ku tidak pernah berbunga lagi. sudah 7 tahun lebih. dan sekarang ia sudah mati. 😦 aku sudah merawatnya dengan sangat baik. mengganti tanahnya, memberinya pupuk. meletakkannya di tempat yang teduh tapi cukup dapat sinar matahari. aku bingung. Ngomong – ngomong anda tinggal dimana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s