Ternyata si “Pacar” Air

Dan lagi lagi aku terkejut mengetahui fakta yang selama ini masih belum terungkap jelas.
*atau jangan-jangan kita-kita nya aja yang gak tau atau gak peduli*.
Gak tau lah yang mana. tapi kurasa sih, lebih cocok point yang ke-2.
Ilmu dan pengetahuan ini udah lama di publikasikan, cuma kitanya aja yang nganggap sepele. *bukan bidang kita.*

Dan kali ini aku mau ngebahas tentang Pacar Air.
Siapa sih yang gak kenal tumbuhan pacar air??? orang indonesia pasti tau ini tumbuhan. itu loh yang bunganya sama daunnya bisa dijadiin inai kuku. *di tumbuk sampai halus*, terus yang putik bunganya sering dijadiin perhiasan *read: kerabu-kerabuan* bagi anak perempuan. atau gak, yang ini aja deh.
Nih tumbuhan daunnya paling sering dihinggapi sama ulat keket. -_-
Gak tau juga….???
Ini saya kasi pictnya
Taaadaaaa……

bunga pacar air

Tampak Tumbuhan

pacar air

Tampak Tanaman

Yupss, ini dia bunganya. pasti setelah melihat bunga ini pasti kalian sudah tanda kan. (kalian: *ooohhhh yang ini toh. Ini pernah ada di halam pekaranganku*, *Oohh ini bunga kan sering aku tumbuk, untuk dijadiin inai-inai-an).
Mau tau sesuatu yang heboh lagi gak tentang bunga ini???
Bunga ini ternyata termaksud jenis Rose juga lohhh.
Aku baru tau juga tadi. -_-

Begini ceritanya. kemaren pas temen aku yang di Riau (yang aku ceritain di postingan tentang Hollyhock) lagi beresin pekarangan rumahnya.
Nah, disitu dia ada nge jepret foto. namanya ROSE BALSAM. cantikkkkkk. warna warni.Β  Karna ukuran fotonya khusus untuk tampak bunga aja. *gak keliatan bentuk tumbuhannya*, kemudian aku pun terpesona sama nih bunga. Dan kemudian aku ngecek bunganya sama dia :p hehehehe
Dikasi tuh, sekalian Bibit bunga Hollyhock yang kemaren.
By The Way, bibit Hollyhocknya udah ku tanam loh. udah hari ke 3 penanaman (belum ada kecambah)
#JustInfo

Karna sangat penasaran aku sama nih bunga *read: Rose Balsam* dan pengen cepat – cepat numbuhin bunganya. Yaudah langsung aku semai (dengan cara yang sama seperti Hollyhock).
Setelah disemai, kemudian aku searching tentang bunga ini.
Ternyata oh ternyata…….
Dia itu bunga pacar air.
Bunga ini gak terlalu di urus kalau di daerah rumahku. terlantar hahahahha.
Kasian sih, mungkin karena masyarakat indonesia belum pada tau ya.
Mungkin yang sekedar mereka tau kalau bunga ini bunga pacar air. Bunga untuk inai-inaian, bunga yang sering ada ulat keketnya. udah gitu aja.

Impatiens balsamina (ilmiah), Rose Balsam (Inggris) , Pacar Air (Indonesia), merupakan tanaman asli dari negara – negara di kawasan Asia Selatan, India, dan Myanmar. Tanaman ini diperkenalkan di-Amerika pada abad ke-19. Tanaman ini adalah tanaman tahunan, ataupun 2 tahunan dan memiliki bunga yang berwarna warni (ungu, merah, putih, merah jambu).
pict Rose Balsam berbagai warna.

rose balsam pink

Rose Balsam Pink

rose balsam ungu

Rose Balsam Purple

rose balsam putih

Rose Balsam White

Nah loo ada yang warna biru juga ternyata

Rrose balsam  biru

Rose Balsam Blue

Bentuk bunganya menyerupai anggrek, dan ada juga yang menyerupai mawar kecil. unyuuuuu…
Tinggi tanaman ini bisa mencapai satu meter, dengan bayang yang tebal tetapi lunak serta bentuk daun yang bergerigi pada bagian tepi. Bunga ini juga tergolong bunga Dikotil
Tanaman ini tidak dapat hidup di lingkungan yang terlalu kering.

Berbagai bagian tanaman juga digunakan sebagai obat tradisional. yakni diantaranya untuk mengobati Peluruh Haid *bagi cewek*, Kanker pencernaan, Bengkak, Reumatik, Bisul, Gigitan Ular, Radang Kulit, Keputihan, Tulang patah/ retak, Rasa nyeri, Anti-Inflamasi, Tertusuk benda Asing di kerongkongan
Khususnya di bagian Biji pacar air rasanya pahit, pedas, sifatnya hangat, dan sedikit toksik. Berkhasiat sebagai penghenti perdarahan (hemostatis), meningkatkan fungsi pencernaan, mempunyai efek melunakkan massa yang keras (tumor), antikangker, peluruh haid, dan mempermudah persalinan (parturifasien).

Hhhmm baru tau deh akan semua fakta ini. beneran. danΒ  yang paling penting sedikit merasa gimana gitu sama bibit bunganya. Ga ditanam kasian, ditanam takut ada ulat keket :3
Tanam aja deng tapi tunggu beli pot atau poliback dah. *udah habis*

Advertisements

15 thoughts on “Ternyata si “Pacar” Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s