“C-Tropical Juice”

Hari ini, gak jadi ke kampusa dehhh.  Gerimis, dan awan selalu kelihatan mendung sepanjang hari ini.

Tadinya niat ke kampus, mau ke perpustakaannya buat nyari buku rekomendasi dan bahan bahan untuk membuat Program. Dimana nantinyaprogram tersebut akan di tes sebagai salah satu syarat untuk pengajuan sidang Tugas Akhir. Yihiiiiiiii udah mau tamat, se ehh toga menanti. *mata berbinar binar* but.., stop untuk menghayal toga. Faktanya kita masih harus menjalani semester akhir ini, siap siap dehh begadang tiap malem. siap siap juga dehh berada di depan leppi tiap hari sampai mata jenuh dan capeeeekkkk.  Apa lagi kalaau coding program yang diketik itu udah panjangggggg banget, pas di run…., eror. Udah deh, titik jenuh mulai memuncak. Ngecek satu satu, baris per baris coding-an itu dengan teliti., itu pun belum tentu dapet langsung. ngecek sampai mata berair. Tapi gak apa-apa deh, yang penting toga menanti. *mata blik blink*

Yap, karena tadi pagi aku gak jadi ke perpus, terpaksa deh, dari pagi subuh sampe sekarang, nge searching bahan, dan ngotak ngatik coddingan. Dan itu pun masih 10%  siap. -_- *huhuhuhu :(* . Sebenernya gak bagus juga loh tiap hari di dipan leppi, karna selain ngebuat mata kita capek dan lelah, membuat mata kita tambah minus karna kena radiasi-nya, lalu,,, yang paling nampak  itu. nambahbuat gendut.  kenapa?? karna kita cuma duduk doank. Gak ada geraknya. Gak ada ngeluarin energi, energi tubuh yang membantu untuk membakar kalori.

Namun buat aku sih, efek yang  lumayan nampak itu efek radiasi ke matanya. kalau udah kelamaan ngoding, mulai dah ni mata perih berair, macem nangis. Pedes lah pokoknya. Kalau udah gini, mau gak mau harus pause dulu ngoding-nya. Gak tau dah, tah nambah tah enggak nih minus mata ku. Sebelum nya pas pas jaman SMA , kelas 3 SMA lebih tepatnya memang udaha rada rabun. Cuma belum mau pakai kaca mata. Karna belum ngerasa terganggu. Tapi pasa masuk kuliah, itu tuh kan ada tes kesehatannya buat mahasiswa yang baru masuk. Aku ngecek mata, sama kakak kakak senior jurusan kedokteran spesialis mata, yang lagi ngebantuin acara tes kesehatan disitu. Biasa, cara tes mata, tutup mata sebelah, lalu dengan bantuan mata lain baca baris perbaris kalimat yang mereka tempelkan jauh dari kita. 10 meter  dari kita mungkin gak tau pasti. Pas baris 1 sampai ke 3 aku selamat. Pas baris ke 4 mulai gak nampak. kalau pas aku ngecek mata bagian kanan. Lalu gantian mata kiri, yang di tes. Baris ke 1 dan ke 2 aja yang bisa kebaca. Baris ke 3nya udah gak nampak!!!!

Setelah itu, kakak kakak itu nyuruh aku masuk ke dalam ruangan untuk cek buta warna apa enggak.  Lalu aku masuk ke ruangan, di dalam ruangan itu ada ibu  dokter. Nah ibu dokter itu nyuruh aku baca lembar soal untuk pengujian buta warna. Dan allhamdulillah aku bisa. *Gak Buta Warna*, cuma ibu itu ngebaca hasil tes penglihatan aku, *yang sama dokter muda tadi*. Nah ibu itu bilang aku wajib pakai kacamata. jangan gak pake kacamata. soalnya nanti secara gak langsung kita memaksa otot syaraf mata kita untuk melihat sesuatu yang gak dapat kita lihat dengan jelas. Dan kalau ini di biarin lama – lama, lamban laun mata aku gak bisa ngeliat sama sekali. Apa lagi untuk jurusan kamu, yang notabennya harus bergelut sama layar komputer yang selalu memancarkan sinar radiasi. Wajib…. Itu dia kata bu dokter.

dannnn yaaaa, akhirnya aku pakai kacamata deng, meskipun gak tiap hari. xixixixi :p

*jangan kasi tau ibu dokter itu yaaa 😉 *

Jujur dah, tadi tuh mata udah berat dan perih, rasanya pengen di kucek. Tapi nanti kalau kita sering ngucek mata, dapat merusal selaput matanya. Jadi gak jadi deh. Aku pun mulai khawatir nih sama keadaan mataku, kan tiap hari di depan leppi tanpa kacamata. XD

Kemudian aku teringat kalau hari minggu kemarin, aku sama mamaku ke pasar, membelu banyak wortel.  *yeess ada imun buat mata*  😀

Yaudah tadi buat jus wortel dah. tapi pas nge cek kulkas, ehhh ada nanassss. Dan ternyata nenas-nya aseeemmmm super duper aseeem. *pantes gak tersentuh sama sekali* Jadinya aku memutar otak, memikirkan bagai mana caranya mengolah si nenas yang asem ini. Tapi di sisi  lain aku pengen m inum jus wortel. Buat kesehatan mataaaa akuuuu.

Yah weeesss jadinya aku mix donk, biar adil. lagian kan buah gak bisa tahan lama. Yaudah tanpa berlama – lama lagi ambil belender dah. Di buat jusss. Aku namain “C-Tropical Juice”, karna warnanya orange. Katanya semua buah dan sayuran berwarna, khususnya warna orange. Banyak mengandung vitamin C dan A.. Tapi lebih banyak vitamin C-nya. Terusss kenapa aku pakai embel – embel Tropical?? soalnya aku liat di mana mana tuh ya, masakan atau minuman daerah daerah tropis itu pasti ada embel embel nenasnya. Seperti Minute Maid Pulpy Orang yang Tropical. Ada nenasnya juga kannn. =D. Selain itu di dalam buah nanas juga terdapat berbagai kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebenernya banyak manfaat dari buah nenas, tapi tah kenapa. Populeritas buah nenas gak sebanding sama manfaatnya, dan popularitas buah nenas gak seperti buah lainnya yang banyak di konsumsi. Seperti apel atau jeruk yang banyak dijual dan dibeli, serta di olah.

Untuk itu aku akan nge bahas sedikit informasi yang aku ketahui tentang nenas dan wortel. 🙂

Nanas (Ananas comosus), Buah ini biasanya bakalan banjir di pasaran saat mau menjelang hari lebaran. Yaaa, Orang-orang menggunakannya untuk baham selai, dan juga pas imlek.  Namun selepas itu, konsumsi akan nenas gak gitu banyak. Paling cuma untuk salah satu buah rujak. Kalau untuk masakan sih belum gitu banyak. Kalau untuk masakan selama ini sih, di indonesia gunainnya untuk acar, masak ikan asam manis, dan ada tuh satu lagi masakan menggunakan nenas. Nenek ku suka kali masak itu. Salahnya aku lupa apa namanya :D. Nanti deh kalau udah ingat aku tulis mengenai makanan itu.

Manfaat nanas sendiri seperti:

  1. Dapat mengurangi resiko terserang hipertensi.
  2. Dapat menurunkan berat badan kita. Sangat cocok bagi anda yang sedang dalam program diet. =D
  3. Vitamin C yang ada pada buah nanas ini mampu melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyerang sel kekebalan di dalam tubuh kita. Sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti flu
  4. Dapat mencerahkan kulit kita
  5. Dapat membantu pencernaan protein dan dapat mempercepat proses penyembuhan.
  6. Dapat melancarkan, saat miss v kedatangan tamu. 😉 buat cewek
  7. Mengangkat sel kulit mati
  8. Memperlambat penuaan dini, masih berkaitan dengan antioksidan dan vitamin C

Tapi mengonsumsi nenas untuk ibu -ibu yang sedang hamil sangat tidak dianjurkan. karna dapat berpotensi menyebabkan keguguran. *tapi aku masih aja heran ibu ibu yang ngidam buah nanas muda, atau mangga muda pas hamil. -_- . kan asammmmm*

Sedangkan untuk Wortel (Dacus Carota),

  1. Dapat mengurangi kadar kolesterol
  2. Mencegah penyakit kanker. Karena beta-carotine yang terkandung di dalam wortel dapat mengurangi beberapa resiko penyakit kankeer.
  3. Yang pastinya meningkatkan daya penglihatan, karena di dalam wortel terdapat banyak vitamin A,
  4. Mengurangi resiko terkena diabetes atau kencing manis
  5. Mengurangi resiko terserang stroke
  6. Memperbaiki sistem pencernaan
  7. Dan jadi antiseptik

Melihat banyaknya manfaat mereka berdua, yaudah dehh .  kita buat dia.  Dan jadi dah dia seperti ini

DSC01490

*pict diambil disalah satu tempat yang memiliki banyak cahaya. mendung soalnya, jadi susah nyari tempat yang banyak cahaya =D*

Yup ini dia bahan-bahannya:

  •  5 Buah Wortel. (bersihkan, lalu potong)
  • 4 potong Nanas
  • 1 liter air putih
  • Madu
  • Gula

pict  bahan :

DSC01487

DSC01485

Cara:

  1. Masukan wortel yang sudah di bersihkan dan di potong – potong ke dalam belender. masukan air secukupnya. 600 ml. lalu belender
  2. Saring jus wortel tersebut, agar ampasnya tidak ikut di dalam air-nya.*ampasnya masih bisa di gunakan, seperti membuat kue. sayangnya tadi aku gak punya cukup bahan untuk membuat kue. jadinya di buang*
  3. bersihkan belender bekas jus wortel.
  4. Potong nenas menjadi bagian bagian yang lebih kecil. lalu masukan ke dalam belender, kemudaian tambahkan air 400 ml.
  5. Campurkan langsung jus nenas tersebut ke dalam jus wortel yang sudah kita saring. *tanpa disaring*. lalu aduk
  6. Masukan kembali jus tersebut ke dalam  belender. kira kira 500 ml. lalu tambahkan 2 sendok gula, dan 3 sendok madu.
  7. Belender kira kira 2-3 menit.
  8. Tuangkan kembali ke dalam wadah yang masih berisi sebagian jus yang belum di tambah gula dan madu. Aduk perlahan
  9. simpan di dalam kulkas,

dannn walllaaaaaaa. this is it.

“C-Tropical Juice” ala Chitra.

DSC01493

DSC01491

Cantik Warnanya :3 enakk dan sehat lagi. 😀

Advertisements

6 thoughts on ““C-Tropical Juice”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s