Germination Roses From Seed

Haihaihaiaiaiaiaiiaiaiaia,
Holla semua, apa kabar. *berasa happy bener ya??*. Iya donkk 😀
Hari ini diriku mau ngebahas tentang kebunku. *LAGIIII!!!! OMG* XD hahahhaha. Yaaa, tulisan ini di dedikasikan buat temen temen sahabat blog ku  *khususnya mba nella ;)* dan para pecinta bunga yang sangat – sangat penasaran tentunya. Penasaran tentang apa sih cit???? *Eummm kasi tau gak yaa* hahalahh belagu amat. Dari judul aja kita udah tau mau ngebahas apa.
Yup kita mau ngebahas tentang bagaimana sih cara mengecambahin biji mawar??? Kan susah banget tuh ngecambahinnya. Ga seperti ngecambahin biji tomat, semangka, matahari. 😀 Nahh untuk itu mari kita bahas lebih lanjut.

Kita mulai dari mana ya???? hmm, awal mulanya aja deh ya. Awwal mulanya itu kenapa aku pengen banget nanam mawar dari biji dikarenakan. Aku searching di  mbah google tentang bunga bunga cantik, kebetulan kata kunci ku pas searcing ya rose. Ketemu dehh bermacam macam jenis rose. mulai dari jenis hingga warnanya yang amazin banget. Ada beberapa jenis mawar *Sebenernya banyak*  yang pengen aku mau dan warnanya juga, mulai dari yang bicolor, sampai yang polos biasa. Untuk mawar polos, aku bener bener tertarik sama mawar biru langit *yang sering di gunakan untuk bucket bunga pas weeding di luar negeri* terus ternyata ada juga lohh mawar dengan warna hijau, ungu, rainbow dan hitam *Kalau mawar hitam aku sering lihat di film NCIS. Dan sejujurnya aku ga berminat untuk yang warna itu*. Aku bener – bener tertarik sama warna biru, hijau, rainbow dan ungu. Kemudian aku mulai deh searching  di beberapa situs online di indonesia, seperti FJB kaskus, toko bagus, berniaga, sampai florisT online shop di Indonesia. Semuanya ga ada jual tanamannya. Tapi pada akhirnya nemu satu florist online di Indonesia yang jual bibit mawar (biru, hijau, ungu, rainbow, hitam, putih, orange, pink, kuning, merah). Yaaa langsung donk ya aku tanya ke adminnya. Harganya cukup mahal kalau dipikir. Tapi karena keinginan yang menggebu – gebu, dan nafsu banget pengen punya plant mawar biru, hijau, ungu dan rainbow, aku beli deh akhirnya. Mawar biru langsung ku beli 3 paket, mawar hijau 2 paket, mawar ungu 2 paket dan beberapa seed bunga bunga yang lain. Berhubung aku total pembelian seluruh seednya tuh buanyak dan mahal, si admin ngasih bonus 6 paket yang kita bebas milih paket apa aja. Yaudah donk, aji mumpung bangett. Aku milih 2 free paket untuk mawar biru, 2 free paket mawar hijau, 2 free paket mawar ungu. hahahahahah XD. Dan pas nyampe paketnya, ternyata free seed buat mawar birunya cuma satu, satu lagi rose mix, huhuhuhuhu. 😥 si adminnya tau aja ni, aku niat banget sama mawar biru. Nb: mawar rainbow saat itu katanya lagi kosong stok jadi gak beli sama admin itu*

Admin nya juga nyelipin note penting untuk cara mengecambahin masing masing jenis tanamannya. Tapi intinya semuanya sih ya, harus di kecambahin melalui media kapas seperti ngecambahin kacang hijau. Khusus mawar, ada catatan pentingnya, harus di rendam semalaman, dan harus di masukan kulkas bersama air rendamannya. Yaudah aku coba deh. Pada saat itu aku langsung coba ngecambahin 1 paket mawar biru, 1 paket mawar hijau, ungu dan beberapa jenis seed bunga lainnya ( french marigold, rose balsam, larkspur, hollyhock, dll yang aku lupa namanya :D)

Dari semua bibit yang aku coba kecambahin dengan media kapas basah. Yang berhasil cuma si French Marigold sama Rose balsam doank. 2 tumbuhan itu sudah mulai berkecambah sehari setelah seed di rendam dan di letakan pada media kapas. Sedangkan untuk rose dan kawan kawannya belum. Oke aku tunggu, 4 hari juga belum, 1 minggu juga belum, 2 minggu, 3 minggu, lalu aku sms admin yg jualan seed itu kenapa gak numbuh ya seed yg dijualnya?? Yaa ku sms karena aku takut donk, kalau seed yang diijual itu udah rusak atau gimana. Maklum soalnya aku belum pernah beli tanaman secara online dulu. Terus si admin balas sms aku, “Ia, mba untuk rose memang makan waktu sampai berminggu – minggu, paling cepat 1 bulan. paling lama 2 bulan lebih” ohhh gitu. Oke deh, akhirnya aku tunggu.

Pas memasuki minggu ke 4, semua seed yang belum berkecambah mulai dikelilingi putih putih ga jelas di atas permukaannya. aku bersihin dengan cara ku kikis. Tapi kok aku masih penasaran dan cemas, ya cemas takutnya gara – gara di selubungi putih – putih ga jelas, seednya jadi ga bisa numbuh, atau bahkan lebih parah, gagal!!! Langsung donk ya, aku sms lagi adminnya. Lalu kata si admin, “Ohh itu jamur mba biasa, bersihkan aja, di siram, terus di sabun-in sedikit, setelah itu cuci bersih, dan letakan pada media kecambah yang baru”. Dalam hati ku…, Whattt??? di sabun-in???? ga salah tu? aku yakin tu seed bakalan termutasi oleh zat zat kimia yang ada di dalam sabun. Bisa aja seed seed tersebut ber-evolusi akibat kontaminasi, menjadi bentuk yang cantik *ngarep* atau bisa jadi langsung bakalan gagal karena kontaminasi tersebut. Akhirnya aku milih untuk membersihkannya dengan cara biasa saja. Cukup di rendam dengan aiR, lalu kikis perlahan permukaan yang diselubungi putih putih gak jelas itu. Terus aku keringkan, baru besoknya aku letakin di media yang baru.

Tanpa sadar, telah memasuki minggu 12, tuh putih putih balik lagi ternyata. OMG!!!!! Yaudah deh akhirnya semua seed yang ga numbuh itu aku buang. 😦 hiks hikss. Sayang sih, tapi ga terlalu sayang sayang banget. Soalnya yang aku kecambahin *khusus rose* itu adalah paket yang free :p hahahahahahha bukan paket yang aku beli sendiri. XD. Lalu besoknya  aku coba ngecambahin bibit lain yg aku beli sama admin itu,dan hasilnyaa gak ada yang numbuhhhhhhhh >_< yang numbuh hanya si french marigold sama rose balsam (orang indonesia lebih mengenal 2 jenis tanaman tersebut dengan nama, bunga tahi ayam dan bunga pacar air). -____- nah ini paket bunga baru buat kita berasa rugi besar. masa buang duit hanya untuk bunga yang wanginya seperti tahi ayam, dan bunga yang sering di hinggapi ulat keket. Ya walau gitu, akhirnya aku tanam ke media tanah untuk rose balsam ya sampai berbunga, tapi kalau yang french marigold, gak. Soalnya dari segi daunnya aja udah mengeluarkan aroma bau yang tidak sedap. 😀 Lalu minggu berkutnya aku tanam semua biji rose yang tersisa, dan…. walaaaaa Tetep ga ada yang numbuhhh!!!!!!! kecewa berat sodara sodara. udah beli banyak dan yang diharapkan ga numbuh.

Kegagalan total itu membuatku insaf belanja online seed bunga rose??? Tentu tidak. hahahahhahahaha malah aku semakin gencar mencari seed atau bahkan jual plantnya. Ada sih yang jual tanamannya secara online, tapi di situs florist online shop yang ada di luar negeri!!!! Mereka membatasi penjualanannya, amerika ya sampe Amerika aja, Eropa sampai Eropa, Jepang ya di Jepang aja. Indonesia??? gak ada 😀

Dan hingga pada suatu hari, aku nemuin situs online shop yang jual seed mawar, dengan harga relatif murah tapi harus beli banyak. yaudah, aku beli lagi. dan kali ini aku juga dapet notes kecil cara numbuhin biji mawarnya, Lagi – lagi sama lagi, di rendam semalaman kemudian di simpan di dalam lemari es, baru di semai pada media kapas. Karena aku udah 2 kali mengalami kegagalan dalam proses penyemaian seperti itu, yaudah gak aku ikutin donkk. Masa iya, harus jatuh ke dalam kegagalan yang sama untuk ke 3 kalinya. Ya, sembari memikirkan cara numbuhin seed mawarnya yang bisa bener – bener numbuh, yaaa seednya aku simpan di dalam kontainer khusus nyimpan seeds bunga. 😀

Pencarian berawal dari tanya jawab ke semua  orang yang senang berkebun, tapi tetep aja, sama sekali ga membuahkan hasil. Mereka ga tau, soalnya belum pernah ngecambahin biji mawar. Lalu ku coba search di kaskus, dan sama aja, gak ada juga. Ujung – ujungnya aku search di youtube, akhirnya nemu deh. :D. Waktu itu searching dengan kata kunci “Growing Rose From Seed” akhirnya nemu deh upload weekly dari seorang cewe yang cinta tanaman, saat itu dia mau ngecambahin seed rose jenis black baccara sama autumn rose. Bagi yang mau lihat videonya Klik disini. Di video itu nantinya kalau ga salah seed mawar tersebut bakalan mulai berkecambah di minggu ke 4. Di video itu si cewek menggunakan media Jiffy Peat Pellets, tapi berhubung aku gak punya media Jiffy Peat Pellets, gak tau dimana belinya, dan kalau tau, males juga ngordernya, akhirnya ya gak jadi pakai media itu deh. Aku pakai media ala kadarnya. Pakai pollybag dengan media tanah humus dan sekam bakar. Seednya di tanam di kedalam 1- 2 cm. Kalau ada yang nanya seednya di rendam apa engga??? Seednya juga ku rendam kok. 😀 cuma cara perendamannya berbeda dengan cara yang selama ini di beritahukan melalui note khusus dari para admin florist online shop.

kalau versi admin florist online shop:

  1. Bijinya di rendam,
  2. Lalu dimasukan ke dalam kulkas semalaman
  3. Lalu di tanam di media kapas

Kalau versi aku (*Chitra* ), setelah belajar dari pengalaman:

  1. Bijinya di rendam 1-2 jam
  2. Air rendaman berupa air hangat, hangatnya hangat – hangat kuku. Mengapa air hangat?? Kenapa ga dimasukan ke dalam kulkas?? Karena dalam pikiranku, semua benda hidup pasti akan membeku bila dimasukin ke dalam kulkas. Bener ga??? Dan dari pengalaman ku sendiri, gak ada yg pernah numbuh sama sekali seed mawarnya.
  3. Baru di tanam langsung di tanah (media: tanah humus dan sekam bakar) dengan kedalaman 1-2 cm
  4. dan hasil yang aku peroleh, seed punyaku numbuh di bulan ke 2. Lama ya 😀

Jenis rose yang aku tanam sih, rose biasa ya, yang polos. Cuma warnanya, aku coba ngecambahin 2 warna, yakni  5 Seed green Rose  dan 5 Seed purple rose. Aku tanam di satu pollybag gede, yang aku bagi 2 sisi, sisi satu untuk yang hijau, dan sisi yang lain untuk warna ungu. Ehhh taunya besoknya si Ipe *kucingku* ngerusuhhh, di jatuhkannya pollybag yang ku letakin di atas dinding pagar. Tanah yang tersisa di pollybag di korek nya. Pokoknya harapan untuk seednya numbuh sirna. Gak ada harapan, bijinya pun udah ga nampak lagi.

Dan ternyata….., Eng ing enggg, something amazin terlihat hari ini. Tadi pagi pas aku lagi mindahin babby asiatic lilly ke media isolasi. Dimana media isolasi itu ya berupa pollybag bekas media untuk menyemai seed rose hijau dan ungu. Dan aku lihat ada sesuatu yang menarik perhatian, ada kecambah dari sebuah biji. Dan setelah ku lihat lihat, itu biji rose yang kemarin ku tanam. 😀
Amazinnn!!!!! Ternyata, disebelahnya juga ada seed rose lainnya, jadi intinya ada 2 seed sisa yang terlihat olehku. Tetapi yang berhasil tumbuh cuma 1. Sayang ya?? Tapi ya ga gitu juga, setidaknya ada yang berhasil, meskipun satu. Dari pada gak sama sekali. 🙂 Ini dia penampakan kecambah rosenya

growrose

growrose

growrose2

 

Aku bener bener beruntung berhasil atau apa ya namanya, 😀 bisa jadi aku lagi hoki nih, seed rosenya bisa numbuh, atau bisa jadi aku beruntung karena dapet seed rose yang bagus, atau bisa jadi aku belajar dari pengalaman makanya sukses. 😀
Yaaaa, setidaknya aku bakal ngerawat baik baik rose ini nantinya. Aku ga tau ini rosenya warna apa. 😀
hahahahha .Bisa jadi warna hijau, atau warna ungu. 😀

22 thoughts on “Germination Roses From Seed

  1. Chitraaaaaaa apresiasi luar biasa untuk ketekunan mengecambahkan biji mawar. Selama ini baru pernah tanam mawar dari stek dg bantuan zpt rotoon dan lebih sering beli sudah jadi di polibag.
    Berbakat di breeder nih. Salam kebun.

  2. Pingback: Germination Roses From Seed – 9 Days after germinated | officialchitra

  3. aku pernah mencoba tuk germinate itu seed chit, tp gagal terus pas diumur 4 minggu sudah keluar daun. karena rentan sekali tuk mawar dari biji. kita butuh +- 3 th (kalo menanam dari biji) tuk melihat keindahannya. better beli yg sudah dalam bentuk stek chit, cepet tumbuhnya :). tp kalo kamu tekun,, terusin chit, siapa tau berhasil 😀

    • wahhh mba udah pernah berhasil ya mba? udah segede mana mba???
      harus berguru sama mba ni.
      aku penasaran mba, pengen dapet mawar biru, hijau, sama rainbor. cuma kalau beli yg stek di indo masih belum ada. jadi terpaksa pake biji 😀
      iya ni mba. aku ga berani kotak katik tuh kecambah dulu. takut gagal

  4. waduh sepetinya melelahkan…aq juga gitu sekarang kapok beli biji online…aq tamem berkali2 ga berhasil….sekalinya berhasil numbuh 2 daun abis gitu mati entah kekeringan ato kebasahan….hiks…sayang duitnya…
    aq juga suka banget mawar,koleksiku di rumah ada banyak….tapi selalu beli pohonnya,ga dai bibitnya…lebih murah dan pasti idup….oya kemarin aq juga beli mawar hijau ungu dan sampagne cuma 10000 dapat 3, hehehe…

  5. Selamat mbak sudah berkecambah…gmn keadaan mawarnya skrg, apa brhasil numbuh sampai besar?
    mbak tau ga dimana ada jual bibit mawar hidup yg murah? info2 donk…hehee

    • hai deska, salam kenal juga. 🙂

      kecambah mawarnya udah isdet. 😀
      mati karna kepanasan, kemaren ku letak di tempat yg full sun hampir sepanjang hari dan kebetulan pas hari itu suhu di medan bener bener panas, jadinya mati deh.

  6. Hi Chitra sama kenal, aku juga tertarik dengan si mawar rainbow gara-gara di FB ada yang posting nawarin bibitnya segala rainbow: Strawberry & cabe juga. Kayaknya urung dulu nich kalo banyak yang gagal tanam.
    Tapi kalo biji bunga yang lain gimana Chit, selain marigold & french rose apa pernah coba ? pengen beli sih bunga yang lucu-lucu tapi berhasil ditanam ga ya. Tertarik sama iklan yang jual bunga matahari nich.

    • Hi mba, wah saya sarani jangan beli yg rose rainbow deh. soalnya nanti ketipu. soalnya sampai sekarang belum ada kan nampak nyata tanaman rose yang bunganya seperti di web web yg jual rose rainbow kan??

      terus, buat benih bunga. saya pernah beli hampir semuanya. tapi banyak yg gagal. 😦 harus hati hati juga mba. beli yang sesuai sama lokasi ideal tumbuh tanamannya. Kalau bunga matahari saya rasa oke oke aja buat di mana saja.

      btw mba lokasi dimana? kalau saya di medan. Kalau kemaren saya pas di medan pernah nanam hollyhock. kiwi ( cuma udah mati tanamannya), melon ( mati juga tanamannya pas udah umur 1 bulan. terus aster ( mati pas 2 hari setelah di semai) terus yg sukses numbuh itu bunga petunia. selebihnya gagal mba. makanya saya udah males nanam bunga bunga cantik dari benih. 😦

  7. Haii..haii..haiii…
    Skrg q lg demam belanja online khususnya biji bunga/pohon. Unyu unyu banget ngeliat bunga2nya..tp msh blm berani buat nanemnya…heheee
    Q copas cara mba nanem biji mawarnya ya.hehee
    Semoga langsung tumbuh…
    😀

    • haihaihai. maaf baru di repply. silahkan.., monggo monggo. maaf ya ga ada update baru seputar berkebun. soalnya lagi males belanja bunga online, apa lagi benih. lagi patah hati akut ni.. soalnya banyak yang ga tumuh. terakhir belanja si bunga anggrek ya. tumbuh dan subur sih untuk yang itu. cuma lagi belom sanggup beli jenis anggrek yang lain. soalnya lagi demam baca buku. kyaaaaa XD. tapi…., semoga berhasil ya., semoga berbunga banyak. happy gardening.

  8. saya juga lagi seneng beli benih online, alhamdulillahnya sih dapet yang bagus 🙂 . tapi kalao saya banyakan nyari benih sayuran hihihi tapi yang dekoratif juga. kalo bunga paling bunga matahari doank 🙂 . yeah semoga itu bunga bisa numbuh gede. prestige nya pasti nambah kalo berhasil soalnya disini masih jarang yang bisa dan siapa tau kamu bisa jd gardener sejati

    • hai renkamizu. 😀 maaf baru balas. terimakasih, saya ini cuma menyalurkan hobi. wah anda suka nanam sayur ya, oia pernah nanam sayur kale ga ? info info donk bibitnya bisa beli dimana

      • saya seringnya beli di tokopedia/bukalapak. lbh aman drpd personal web (ah nemu juga sih personal yg bagus). belum pernah mbak.saya baru nyoba sawi, pakcoy, terong, okra, selada dll. hasilnya lumayan. saya nanemnya di sela pot bunga. yah sekalian nyalurin hobi.

Leave a Reply

