Perjalan 2 Orang Mencari Beasiswa

Dari kecil dulu, aku memang pengen banget lanjut study ke luar negeri, khususnya German. Enggak tau kenapa, tertarik banget sama pendidikan di sana. Selain negara German, negara lain yang lumayan ku perle adalah Belanda. Pokoknya 2 negara itu deh. Pas jaman SMA kelas 3, pas mau masuk kuliah. Aku ngerasa bentar lagi impian ku kuliah disana bakal tercapai. Eeeee tiba – tiba, saat aku kenal sama cowok (Yang kuliah di Medan), dan seketika itu pula impian ku itu tertutupi api cinta. -_- Β (Memang, terkadang cinta itu membuat kita menyesal dikemudian hari). Yup, semua impian ku untuk kuliah di luar negeri, tiba – tiba sirna. Aku mulai gak tertarik sama kuliah ke luar negri, fikiran hanya tertuju sama pacaran, gimana caranya supaya langgeng sama tu cowok. Pokoknya intinya, supaya gak pisah lah sama dia -_-

Dan sekarang, saat aku udah putus sama dia, baru lah aku sadar kenapa dulu aku membuang hari – hari, harapan dan cita – cita ku hanya untuk cinta. -_-Rasanya rugi banget. Baru setelah putus dari tuh cowok, aku mulai bangkit lagi meraih cita – cita ku. meraih mimpi untuk mengecap mimpi kuliah ke luar negri. Awal tahun 2013 kemaren aku mulai mencari info tentang “Bagai mana sih bisa kuliah di luar negri???” lalu mulai mencari “Bagai mana caranya dapat scholarship ke luar negeri????”. Yup, awal tahun kemaren tuh, aku cari informasi, melakukan penjelajahan, seminar demi seminar sendirian, baru beberapa bulan kemudian, barulah aku mendapatkan teman yang sepemikiran, dan yang memiliki hasrat yang sama yakni mengecap kuliah keluar negri.

Perjalanan pertama kali hunting info, susah – susah gampang, Dimulai dari jawaban ketus dari pegawai service informasi di konsulat suatu negara ( cuma 1 negara aja yg jutek banget ), terus ketemu ibu – ibu belanda yang baik banget, terus sampe mobilnya meluncur kembali ke bawah ketika mau keluar dari basement :).

Untuk yang kali ini siih kami gak hunting, cuma mengikuti acara seminar, atau yang lebih tepatnya pameran. -_- Temenku salah kasi info, di bilangnya seminar, padahal nyatanya pameran. huhuhuhu, kurang informasi dari sini. dan kebanyakan kalau acara pameran, gak gitu membahas tentang how to get schollarship, tapi lebih tertuju, apakah anda berminat melanjutkan pendidikan ke universitas saya yang berada di negara “A” atau “B”. Kalau anda berminat, ya uang kuliahnya sekian sekian, paling kalau di tanya beasiswa, mereka bakal jawab, ada, tapi cuma 10 %. -_- Wedewwww,

Kata salah satu peseta dan temannya pameran yang waktu itu posisinya tepat di belakang ku,

Temennya: “ga liat – liat lagi??”
Dia: “Gak!. niat gue dateng kesini kan nyari beasiswa penuh, Percuma aja gue apply kuliah ke sana kalau gue yang bayar, mendingan gue kuliah di Indonesia, ambil jurusan yang bagus dengan cara Kuliah mandiri ( Kuliah mandiri itu adalah, kuliah di univ negeri dengan biaya seperti uang kuliah swasta, dikarenakan mereka masuk secara mandiri ke fakultas yg populer). Lo ga liat bro, yang disana tuh ( sambil nunjuk ke stant kuliah di hongkong, untuk s1 satu semesternya uang kuliahnya aja udah 400juta lebih, kera kotor nya 500 juta, bayangin kalau 4 tahun, udah 2 Milyar. Kalau kerja belum tentu balik modal. Belum lagi biaya hidupnya. ”

Temennya: (Ketawa pasrah)

Dan saat itu, aku, temenku sama salah satu senior yang juga kebetulan hadir di situ, hanya bisa saling pandang”an. -_-
Yup memang, kesimpulan yang aku dapet setelah beberapa kali ikut acara pameran pendidikan, yah lebih cenderung ke “Kalian mau kuliah di negara saya, kalian harus bayar cost-nya sekian” jangan harap ada beasiswa full. paling cuma 1 tahun. -_-

Terus, untuk acara seminar yang kemaren, menurutku sih, universitas – universitas yang menyelenggarakan pameran, kurang menarik perhatianku. kurang sreg aja, ga dapet di feeling. Tadinya ku kira ada universitas – universitas dari negara Eropa / Amerika, eee malah dari Singapore sama Malaysia semua. -_-. Dari semua stand yang aku singgahin, cuma ada satu doank yang menarik perhatianku, itu

Yaudin deh, jadinya caw deh dari sana, lanjut deh foto – foto. Sebenernya banyakan acara foto – foto nya dari pada liat pamerannya. -_-

IMG_20140111_181158

DSC_0361

IMG_20140111_182528

DSC_0359

Cuma dapet Godie bag-nya.

DSC_0395

Isi godie bag-nya cuma (Β brochure stand salah satu univ dan kalender)

DSC_0398 DSC_0397

brochure Β yang di ambil cuma 1, soalnya itu yang cukup menarik. yang lainnya kurang menarik perhatian. :/ Humppp harus huning info lagi nih. Ganbate!!!!! Untuk mengejar mimpi. semoga dapet. ^_^

5 thoughts on “Perjalan 2 Orang Mencari Beasiswa

    • Amiiinn terimakasih mba,
      Ia mba kemaren udah nanya sama DAAD,nanya sama konselornya (Gitu gak sih ya nyebutnya) πŸ˜€ kata mereka sih nangung buat D3. pilihannya ada 2, ngulang dari awal lagi atau nunggu tamat S1 πŸ˜€ ya lebih baik tamat s1 baru lanjut S2. lagian kalau s2 bisa bebas ambil jurusan nya mba πŸ˜€

  1. Pingback: Cherry, Finally I Found You | officialchitra

Leave a Reply

