Tips dan Trik Belanja Online Versiku

1

Di era globalisasi ini, dimana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang, dan juga memberikan pengaruh yang besar terhadap ย perekonomian dunia. Yaelahhh kayak mau ngarang skripsi aja jadinya kata pembukanya. -_- . Oke balik ke judul, hari ini aku mau ngebahas tentang belanja online. ๐Ÿ˜€

Online shop, pasti hampir semua orang sudah enggak gitu kaget mendengarnya ya, Online shop, atau toko belanja yang bergerak atau dipasarkan didalam dunia maya. Sebenernya sih sama aja ya sama toko biasa dalam dunia nyata, cuma bedanya online shop ini lebih fleksibel aja sifatnya. bisa kita akses setiap hari, setiap detik, siang, malam, subuh, maghrib, hujan, panas. sehabis bangun, sebelum tidur, pokoknya bisa kita akses kapan aja dimana saja ( Selama ada bantuan Internet khususnya). Ditambah lagi, kita ga perlu capek capek ngurusnya. :D. Yang disini maksudnya, si penjual ga perlu harus capek ngebongkar ngerapiin barangnya, setiap kali barang dilihat sama si calon pembeli, dan untuk pembeli, yaa ga akan perlu segan segan nge bongkar toko si empunya. ๐Ÿ˜€ hahahahahha

Bicarain masalah online shop dan belanja online,, bisa dibilang aku salah satu orang yang termaksud daftar orang – orang yang ketagihan belanja online, meskipun aku juga masih lebih suka kalau belanja nyata keluar rumah, :D. Menurut aku sih ya, belanja online itu seperti virus, sekali kita mencobanya dan sukses, pasti kita mau lagi, lagi , lagi ,dan lagi. ( Hahahahhaha pengalaman sekali ternyata ). Ya, tapi memang gitu lok, aku buktinya, dan adekku juga. ๐Ÿ˜€ cuma bedanya adekku ga terlalu seperti aku. huahahahhahaha. Kenapa sih aku ketagihan sama belanja online??? Ya, menurutku selain karna bisa diakses kapan saja dimana saja dalam kondisi apa saja, belanja online punya daya tarik tersendiri aja. gimana ya bilangnya, punya magis sendiri. *yaelaaa* bukan itu sih, apa ya kalau dibilang, seperti ada kesan tersendirinya. ngeliat liat barang yang satu ke barang yang lain, terus klik ke chart belanjanya, terus terus terus,,, dan selesai belanja. haaaaaaaaaaa. pokoknya gitu. tombol tombol di web online shop itu seperti menghipnotis ku.

Belanja online pertamaku itu adalah, 2 buah buku novel. Awal mulanya aku belanja online sih rada takut ya, soalnya kan kita bakal ntransfer duit ke orang yang ga kita kenal. dengan nominal yang lumayan juga untuk isi pulsa atau beli baju. Tapi, setelah nyatanya belanja online pertamaku sukses, aku sedikit mulai suka dengan belanja online. Ya tapi aku ga gitu memasang muka terlalu percaya sama semua online shop yang ada. Aku juga memiliki penilaiian – penilaiian terhadap online shop, dan barang barang yang mau aku beli online. Berikut tips and trik belanja online cara ku.

1. Mencari toko Online yang terpercaya.
Online shop itu banyak, cuma kepercayaan terhadap online shop itu sendiri yang terkadang susah timbul. ๐Ÿ˜€ hahahah. Kalau kita mau belinya di online shop yang mempunyai website tersendiri, carilah online shop yang telah memiliki banyak testimoninya, serta barang barang yang di jualnya buanyak dengan kurun waktu yang sudah relatif lama. karna bisa jadi web itu sudah sangat recomended banget. Kalau toh web online shop itu belum ada link untuk testimoni, sebaiknya cari info tentang pemilik online shop ini, email sms atau apapun, pokoknya hubungi si empunya online shop itu. Tanya semua yang menurut kita perlu. Terus misalnya kita belanja online di dalam E-Market ( E-market sama seperti online shop kebanyakan, cuma bedanya e-market adalah sarana berkumpulnya para peminat jualan online shop, nanti mereka berkumpul menjadi satu tempat deh, contohnya ya seperti toko bagus, berniaga, FJB Kaskus, Amazon dll), nah kita juga hubungi terlebih dahulu orang yang menjajakan jualannannya disana, tanya aja semuanya, mulai data diri si penjual, situs jejarsosnya dia ( supaya kita tau mencari dia dimana kalau misalnya ditipu ), terus misalnya barang yang kita incer di e-market itu memiliki harga yang lumayan mahal, sebisa mungkin kita melakukan kesepakatan sama tu orang.

2. Membangun kepercayaan dan kesepakatan
Kesepakatan adalah hal yang penting dalam belanja online di e-market yang menyediakan data penjual, apalagi misalnya barangnya barang muahal. aku kasih contoh ya, dulu aku beli biola dari salah satu penjual di dalam e-market toko bagus, harganya ya lumayan ya, karna aku takut di boongin, dan ” mungkin si penjual takut juga di boongin” ya otomatis kami melakukan jalan tengah supaya sama sama tidak saling di rugikan. caranya gimana??? aku bayar DP dulu ke si empunya barang, aku kasih bukti setorannya, ke si empunya. kenapa harus DP?? supaya ga merasa terlalu dirugikan aja, karna cuma bayar DP/separuh ๐Ÿ˜€ hahahah. Jadi setelah aku kasih bukti bayar, dan nyampe ke si empunya, dan si empunya merasa kita calon pembeli yang terpercaya, baru lah si empunya kirim barangnya. Lalu setelah paket dateng ke kita, baru deh kita bayar sisanya :D.

3. Jangan beli barang yang cepat basi. contoh makanan.
Kenapa gitu? soalnya kita ga tau berapa lama paket kita bakal nyampe. memang kata si penjual nyampe cuma 1 hari atau paling lama 2 hari, tapi kita ga tau masalah di pengiriman, seperti sama sama kita ketahui, beberapa masalah jasa ekspedisi terkadang kan suka lama ๐Ÿ˜€

4. Cari barang yang kita yakini bisa kita gunakan
Jujur aku belum pernah belanja online sepatu. kenapa??? karna aku takut ntar gak muat. ukuran sepatu ku kan 39 namun 39 sekarang kan kadang sering beda beda, ada 39 yang ukuran besar, ada 39 ukuran kecil. selain itu untuk sepatu yang ada tali penutup di ย atasnya, terkadang sering gak muat di aku. sempitttt. ๐Ÿ˜ฅ makanya aku ga pernah belanja sepatu secara online. Jadi, kalau mau belanja kebutuhan seperti itu, pastikan kita pas ๐Ÿ˜€

5. Perbandingan harga
Harga yang murah merupakan sasaran utama para pembeli barang secara online, Eittsss, tapi tunggu dulu, ga semuanya keterangan barang di online shop itu murah, memang kalau kita lihat di beberapa online shop terkadang mereka memasukan harga barang asli/ harga barang di pasaran, kemudian di bandingkannya dengan harga di online shop miliknya. Memang disitu sih murah, cuma setelah kita beli, ntar barang harus dikirim, dan pastinya kita bakal kena cash lagi. setelah dihitung hitung harganya ga beda jauh sama yang ada di toko nyata. yupyup seperti itu lah nyatanya.

IMG_20140211_114637

Buku yang aku beli online

Untuk itu aku sering mensiasatinya dengan cara, melakukan perbandingan harga. ย Yap membandingkan harga dari toko online satu ke toko onliine yang lainnya, setelah itu ya coba ngecek ke toko nyatanya. Contohnya nyatanya akuvmau beli beberapa buku di toko online ini, setelah siap, barang dihitung, dan biasanya dari web toko buku onlinenya ada keterangan biaya ongkir yang harus kita bayar. Tapi tenang, gak langsung kita bayar, biasanya web onlineshop gitu memberi batas seminggu untuk kita melakukan pembayaran, kalau lewat dianggap batal. Jadi selama seminggu itu lah kita coba ngecek buku – buku yang mau kita beli itu di beberapa online shop buku yang lain, apa lebih murah ga??? selain itu aku juga mengeceknya ke toko buku langsung. ๐Ÿ˜€ Menambah biaya transportasi yang kita kenakan selama melakukan pengecekan itu, apa lebih murah beli langsung atau belanja online.ย Ga bisa kita pungkiri kalau belanja langsung bisa jadi pengeluaran kita lebih banyak kan, selain transportasi pastinya terkadang kita mau jajan juga selama di perjalanan. :p heheheheh. Yaa kesimpulannya,ย Terkadang ada suatu saat belanja langsung itu lebih murah dibandingkan belanja online, terkadang ada saatnya belanja online lebih murah dibandingkan belanja langsung. Pandai pandai kita sebagai konsumen dalam memilih barang dan mengkalkulasinya sih. ๐Ÿ˜‰ untung 8-10 ribu dalam belanja online dibandingkan belanja dunia nyata aja udah untung banget dirasa. Hahahahahhahahaha ๐Ÿ˜€

*Nampak kali ya aku sering belanja online*

2 thoughts on “Tips dan Trik Belanja Online Versiku

Leave a Reply

