Asiatic Lilly Flower

IMG_20130430_065150

 

 

Bonjour temen – temen bloger semua. πŸ˜€ udah lama kali sepertinya saya tidak nulis blog. khususnya tentang bunga. Hahahaha Ya dikarenakan, ga ada nothing special dan eksperimen lain yang saya lakukan. Cuma siram bunga, bersihin bunga. Paling upload – upload foto bunganya ke instagram. Itu pun kalau nemu objek foto yang bagus. πŸ˜€

Nah kali ini saya mau cerita tentang bunga asiatic lily saya yang setahun lalu saya beli dari mba nella. Saya lupa udah pernah saya tulis khusus gak ya?? Sepertinya gak. Hmmpp sayang sekali, soalnya untuk memperoleh bibit asiatic lilly Β ini beserta teman – temannya saya harus mendapatkan kendala yang sunggu memacu adrenalin. *Hahai si citra lebay*

Saya lupa tanggal berapa saya mulai tanam umbinya di rumah, dan saya juga lupa tanggal berapa tepatnya ni bunga Asiatic lilly nya mekar di rumah saya. Cuma saya ada nyimpen beberapa dokumentasi ni bunga sebelum mekar.

 

DSC_0155

Knop bunganya lebih gede daripada tanamannya

DSC_0152

Knop Bunga asiatic lilly. Umbi 1

 

Sebenernya pas kemaren saya belinya ada 4 umbi, ke 4 nya sih numbuh yak, cuma yang berbunga cuma ada 2. dan bunga yang di atas itu yang pertama kali muncul knop nya. Lucu yakk, tanamannya kecil tapi knop bunganya besar. Nah,, ga berapa lama knopnya akhirnya mekar. Dan mekarlah sekuntum bunga asiatic lilly yang cakep banget.

 

DSC_0162 DSC_0163 DSC_0164 DSC_0174 DSC_0177 - Copy IMG_20130430_065150

 

Lucu dah ngeliatnya, tanamannya kecil cuma bunganya gede. Terus pas ni bunga mekar, kan potnya saya letakin di halaman, nah tu ibu ibu tetangga nanyain itu bunga asli apa enggak?? πŸ˜€ cantik yaaa.

nah untuk umbi yang ke 2, yang saya bilang juga punya knop bunga ga beraa lama knopnya gede namun bunganya ga secantik yang pertama. 😦 Sayang banget deh, padahal warnanya cakep loh. warna merah

21235_3041079442030_1472037409_n

umbi ke 2, pertumbuhannya ga optimal, jadinya bunganya jelek

 

Tapi ga berapa lama bunganya – bunga asiatic lilly ini mulai layu, 3 hari setelah mekar sempurna bunganya mulai layu, putiknya berontokan diikuti kelopak bunganya. Hmmp, untuk bunga yang cantik ni bunga kategori yang cepat layu ya. Saya ga tau apa memang bunga lilly ini cepet banget layunya atau dikarenakan bunga ini tumbuh di iklim tropis yang super duper panas, makanya jadi cepet layu, gak seperti di negara asalnya. Hmmmm, mungkin mungkin

Setelah layu, ternyata ni bunga banyak banget nghasilin anakan loh, anakannya imut imut, ada yang berasal dari umbinya, ada Β yang berasal dari lapisan umbinya ada juga yang berasal dari batangnya. Kemaren ada tuh satu umbi yang ga menghasilkan bunga, tapi numbuh batangnya, ternyata di batang – batangnya itu keluar anakannya loh. Jadi buat yang punya tanaman ini, jangan keburu di pangkas ya sehabis mekar bunganya. Tunggu beberapa minggu, mungkin juga sebulan, soalnya nanti bakal keluar anakannya di sela sela daun batangnya.

 

1239471_3321804459980_1694385359_n 1235884_3321805900016_707433975_n

 

Setelah habis berbunga umbinya saya diemin aja di pot. Males sih sebenernya bongkar bongkarnya :p. tapi tetep tumbuh loh.

1383818_3435355578687_1435280510_n

Setelah 1 tahun, dan ga berbunga lagi (hanya menghasilkan daun). Akhirnya, kemaren pas saya cek ehh ternyata ni bunga mulai numbuh lagi loh, tanamannya mulai gede batangnya mulai tinggi, cuma pertumbuhannya nyamping gitu. Ga tau karna apa, kalau karna ngikutin arah cahaya matahari, sepertinya enggak deh, soalnya ni tanaman posisinya bagus banget. pas di bawah matahari, jadi seharusnya pertumbuhannya keatas, eee ini malah mereng mereng.

DSC_0002

tanaman asiatic lilly hari ini. Ga tau umbi yang mana πŸ˜€

Yaaah ga papa deh, yang penting kita doakan saja semoga ni bunga asiatic lillynya cepet berbunga. Soalnya seneng banget ngeliatnya. semoga mekarnya seperti yang ini ya * huahahahah si citra ngarep*

IMG_20130430_065150

11 thoughts on “Asiatic Lilly Flower

  1. Thn lalu aku punya 20 anakan lili, ku satukan di pot agak besar. Pas winter potnya taruh dalam rumah, tp mati semua busuk πŸ˜₯ karena kutaruh di tempat remang2, harusnya taruh ditempat terang, huhuhu sayang banget tuh umbi2nya.

    • iya mba, sama, semua anakan asiatic lilly yg sy pisahin dari indukannya, tah kemana semua, dari yang 26 umbi anakan malah sisa 11, terus sisa 6 sisa lagi 2 lama lama raib. πŸ˜€ makanya saya males bongkar bongkarnya lagi mba, biarin aja dia di dalam pot.

Leave a Reply

