Penipuan Berkedok Lowongan Kerja

Hai temen – temen bloger, hari ini aku mau ngebahas tentang masalah yang ngebuat aku bete. Iya bete. Ia sumpah deh, bete banget aku. Gini nih ceritanya.

hati-hati-penipuan

Pertamanya gini, Aku lagi ngebet- ngebetnya nyari kerjaan bosan jadi PENGACARA xixixi :p. Ia, bosan dengan title pengacara (PENGangguran banyak ACARA) XD. Apalagi semenjak mengalami krisis moneter tingkat tinggi di dalam dompet pribadi. 3 bulan libur tanpa ada pemasukan, yang banyak malahan pengeluaran. Ditambah lagi semester ini aku ada matkul “Kewirausahaan”, nah tu bapak dosen bicarai. wahh kalian mahasiswa udah pada dapet kerja belum? Haaa… belum?? jadi selama ini kalian menyandang status gepeng??”. nyesss kali hati ini denger kata kata itu Gepeng :'(. Dan juga di bumbui dengan banyaknya waktu luang dirumah. Jadinya ya gini, semangat 45.

Sebenernya semenjak tahun kemaren udah sering cari  cari kerjaan, cuma ya kita tahu sendiri lah, susah banget cari kerjaan di Negeri kita tercinta ini. Ada lowongan, itu pun cuma nerima orang orang yang udah berpengalaman, padahal kerjaannya ya masih dalam kategori under control lah buat ku. huffft. Jadi kalau yang fresh graduated bagaimana??????. *nangis meluk guling* :'(. Terus masalah utama kenapa sampai saat ini belum dapet kerjaan itu disebabkan.. Jarang banget lowongan kerja buat lulusan D3. Meskipun itu lulusan D3 Teknik Informatika. * pukul pukul boneka *. Sedih banget ya yang baru lulus D3. :(. Bahkan kerja jadi Guru TK aja mesti harus ada orang dalam. -_- Prettt kali lah. Masa sikit sikit kalau mau kerja di perusahaan yang bagus harus ada orang dalam. Padahal ntar ga bisa apa apa juganya. Kalau yang ada ilmu ada bakat, ada kemampuan tapi ga ada orang dalam mau di kemanakan?????

Nah, 2 hari yang lalu pas aku baca koran harian kota tempatku, di rubik lowongan kerjanya, ada terpampang iklan yang cukup besar. Disitu dibuat ( Aku ringkas aja ya, soalnya kalau tulisan iklan di korannya itu aku buat secara langsung ga enak). Nah disitu dibuat, ada lowongan kerja di “MASKAPAI PENERBANGAN”, * Wuihhh mataku langsung belok XD*, terus pas baca syarat syaratnya. “Bisa untuk tamatan d3/s1/s2/smk teknik, *tambah berbinar binar*, “bidang kerja ticketing, dan kawan kawannya deh pokoknya yang berbau dunia penerbangan, . * menurutku meskipun cuma ticketing, yaaa masih lumayan deh untuk cari cari pengalaman*. lalu masih banyak informasi lainnya kayak informasi loker biasa aja sih. disitu ditulis siap di training cuma ga dikasih tau nama perusahaannya. Pas aku konsul ke mama * berhubung mama udah dari dulu bergelut di dunia airlines, jadi aku tanya. “itu loker penerbangan yang di koran apa memang ga dibuat nama perusahaannya??”, mama  bilang ” biasanya sih enggak kalau perusahaan maskapai penerbangannya itu baru, biar sikit yang coba. coba aja”. Oke deh akhirnya aku coba buat surat lamaran kerjanya.

Berhubung alamat tempat penyerahaan surat lamaran kerjanya, masih di seputaran medan. Jadinya tadi aku langsung dateng ke TKP untuk nyerahin surat lamaran kerjanya. Cari….dan cariiii….dan cari…. Ga nemu nemu juga. * Mulai curiga*, kebetulan di iklan itu ada tertera nomor yang dapat dihubungi,  yaudin aku telepon deh, dan 30 menit kemudian…, akhirnya nemu juga deh tu alamat. Pas sampe di depan tempatnya. “Oh WOWWWWW, tempatnya diluar dugaan”. -_-. Tapi keburu kentang dan penasaran yaudin aku masuk. Pas masuk, eeehh ternyata langsung face to face sama si mba – mba yang ada di situ. dia buka surat lowongan kerjanya, di bacanya. *Tampang pas ngebaca-nya sih meyakinkan.* terus ditanya tanyai.

Karena keburu udah ga minat gabung disitu, dan masuk ke tempatnya hanya karena untuk memenuhi rasa penasaran yaudin aku jawab alakadarnya. Ehh tu mba nanya, “Mba udah ada pengalaman kerja di airlaines, tau kerjaan apa aja yang ada disana? tugas tugasnya?? kalau belum, saya mau tunjukin ini *sambil siap siap nunjuki brosur dan tertera biaya biaya  “|*langsung aja deh aku yakin ini udah ga bener, jadi langsung aku bilang “Belum mba, cuma tau tau dikit lah”|”maksudnya tau dikit gimana ya mba??”|”iya mba saya tau, meskipun saya ga dapet pendidikan langsung di area airport, tapi aku tau sikit banyaknya lingkungan disana. tugas tugas nya”|”kok bisa tau mba,???”| ya tau mba soalnya alm, kakek saya, alm, ayah saya berkecimpung disana”| “ohya??? di penerbangan mana???|”alm kakek saya dulu mantan pilot GAI, sama Mandala airlines, kalau ayah saya SM di perusahaan penerbangan asing, singapore punya”. tapi walaupun gitu si mba masih aja berusaha menjaja brosurnya itu. “Gini mba, mba bisa ikut kursus selama 6 bulan disini, 3 bulan pertama kita kursus di sini, 3 bulan kemudian kita terjun ke lapangan. biaya pendaftarannya sekian, biaya les bulanannya sekian, biaya untuk punya kartu pass bandaranya sekian, ini nya sekian itunya sekian, jadi totalnya 8 Juta sebulan, Kalau daftar dan bayar uang les sekarang bisa langsung ikut pelatihan awal jam 1 siang nanti”.| *Langsung melotot* what?????? Bayar????  ini mau terima lowongan kerja atau mau ngerekurt murid untuk less -_- #esmosi. Dari pada masuk kursus disini yang belum tentu di rekrut sama Angkasa pura 1, maupun angkasa pura 2, mending aku masuk ke STTA. Gini gini aku jebol STTA, itu loh sekolah penerbangan punya auri yang ada di Jogja sana. tapi salahnya aku ga dikasi sekolah kesana, jauh, takut dan banyak alasan lainnya yang ga dikasi  nenek. Langsung deh aku capcus. Dan yang parahnya, ada satu orang lagi yang di tanyain di meja di sebelah aku, dengan muka planga plongo denger info itu, cuma tetep aja dia isi biodatanya di kertas pendaftaran. Pas udah diluar baru ngadu ke abangnya. kalau itu penipuan. beggh

Gila banget, mau nyari murid untuk kursus disitu tapi ngiklani di koran dengan headline dan di rubik Lowongan kerja. Penipuan banget ini namanya. Ternyata penipuan kerjaan udah masuk ke rancah elite, mengatas namakan “Maskapai penerbangan”, Penipuan kerjaan sekarang tidak hanya di kancah loker untuk pelipat kantung teh  yang kayak udah merebak di pasaran. Jadi untuk semuanya hati hati aja deh ye.

Kesel dah, pengen aja ku adui masalah penipuan ini, cuma ga tau mau ngadu kemana. Bener loh, kesel banget.

7 thoughts on “Penipuan Berkedok Lowongan Kerja

    • ia mba. maksudnya pengen cari kerja, eh malah mereka mau nyari orang buat daftar. nipu banget kan ya.
      pengennya tu mba bukan hanya di koran. pengennya supaya bisa diusut tuntas dan ga bakal ada cerita yg sama lagi. biar ga ada yg ditipu

Leave a Reply

