Mencoba Jujur Dalam Belajar Menilai Diri Sendiri

Pada dasarnya kita akan lebih mudah untuk menilai sifat, sikap, karakter, kejelekan dan keburukan, maupun kebaikan dari orang lain. Hanya dalam sekejap, sekali lihat mungkin kita bisa menilai orang lain. Namun jika kita ditugaskan untuk menilai mengomentari diri kita sendiri, itu adalah sebuah kerja keras. Iya kerja keras. Sebenarnya pembahasan kali ini ya bisa dibilang “Tugas Kuliah” XD. Ya ini TUGAS KULIAH KEWIRAUSAHAAN!!!! Tapi ya gitu, seperti apa yang aku tulisa tadi, sulit untuk jujur kepada diri kita sendiri. Sulit untuk berkata jujur dalam menilai diri kita sendiri. XD

 

Oke,  kita mulai. Jadi tugasnya tuh kita disuruh mencari  kelebihan dan kekurangan diri kita sendiri. Patokannya tuh, kita disuruh untuk mencari 5 kelebihan kita dan 5 kekurangan kita. Haduuhhh susah amat yak, padahal cuma 5 loh. XD. tapi jujur loh berat. Beratnya disini ialah, alam bawah sadar kita belum mau berkata jujur kepada raga kita untuk mengatakan apa apa aja sih kelebihan dan kekurangan dari diri kita. XD huahahahahahhaah. Tapi berhubung ini tugas harus segera kita selesaikan, makanya mari kita coba belajar jujur kepada diri kita sendiri. Jujur mengakui kekurangan kelebihan diri kita, soalnya dalam dunia berwirausaha kejujuran mengenal diri kita sendiri itu merupakan suatu point penting. Ya, apabila kita lebih mengenal diri kita sendiri, kelebihan dan kekurangannya ( bukan orang lain) maka kita akan dapat mengetahui cara untuk mengendalikan diri kita. Ya, conthnya yaaa misalnya kita dalam berbisnis itu pasti kan punya saingan, nah tu pasti saingan itu akan mencoba mencari kelemahan kita donk ya. oleh sebab itu kita harus lebih dulu menemukan kelemahan diri kita sendiri sebelum rival bisnis kita menemukan kelemahan kita. Kalau sempat si rival bisnis kita yang duluan menemukan kelemahan kita, bisa gawat kita!!!! Bisa hancur bisnis kita. Mungkin ga langsung, tapi secara perlahan 😀

 

Oke balik lagi ke masalah ” Mencoba Jujur dalam Mengenal Diri Kita sendiri”, ( sebenarnya sih lagi kepepet juga ni, ntar lagi masuk kuliah dan belom nemui jawabannya XD ). Sekarang aku coba men-list daftar daftar kelebihan dan kekuranganku. kita mulai dari kelebihan ya. 😀 Sepertinya lebih enak mencari kelebihan diri sendiri dulu deh. XD (Biasa sifat manusia selalu narsis, huahahah ) oke kita mulai:

 

honesty2

 

#Kelebihan:

1. Miss Ontime

Huahahahha, beneran loh aku itu kalau ke kampus atau ke tempat les, janjian ama temen pasti on time malah sering kecepatan. XD Ga tau kenapa sejak dari SD udah gitu. XD Pas SMA pernah lagi berangkat dari rumah jam setengah 6 karena takut kena macet. padahal jarak dari rumah ke sekolah kagak jauh jauh amat. Pas sampe sekolah asliii masih sepi. yang dateng baru ibu kantin dan anaknya ( yang kebetulan siswa di SMA itu juga) XD. Seerem booookk sekolahnya ternyata kalau pas pagi pagi buta. XD *Ya iya lah cittttt*

Tapi ga enaknya pas lagi janjian ama kawan, jam sekian, kita udah dateng ontime atau malah kecepatan dan ternyata si kawan datangnya 1 jam setelahnya. 😥 sakitnya tuh disini. Huahahahahhaha. tapi kalau tempat janjiannya di tempat yang seru. kayak mall atau toko buku atau tempat yang banyak tempat untuk di lihat sih woke woke aja 😀

2. Terlalu Baik

Iya, aku mah terlalu kebaikan ama orang. :3 terlalu ramah. Sampe sampe mantan yang udah nyakiti 3 kali pun kemaren masih aku baikin. Tapi sekarang enggak. Huahahahah udah males aku liat tingkahnya. Dibaikin malah melunjak. Prinsip aku sih, aku bisa baik sama orang kalau orang itu baik sama aku, tapi kalau dia jahat ohh aku bisa tetap baik, tapi jangan harap deh kebaikan aku kek dulu samamu. XD * sorry ya tan (read: mantan)*

 

3. Suka Keteraturan

Aduh, gimana ya bilangnya untuk masalah yang ini. Misalnya tuh, meja buku di susun rapi sesuai ukuran tinggi rendah maupun tebal tipisnya buku. Kalau gak kek gitu ga suka liatnya. XD

 

4. Jujur 

Ya, aku tu tipekal orang ya gitu. XD jujur *eciecieee*

 

5. Kalem/ Tenang

Maksudnya ya ga panik duluan kalau ada masalah. ga bakal heboh la. ga gegabah. Paling kalau ada masalah, diem sebentar tarik nafas lalu coba cari pemecahan sendiri. Terus

 

6. Sopan sama orang 

7. Penyabar XD

8. Bertanggung jawab. 😀

Karena udah mengambil keputusan untuk melihara kucing, jadinya aku harus bertanggung jawab untuk merawatnya. kasih makan dllnya. huahahah nyambung ga sih perumpamaannya? XD

9. Pengiba.

Ga tegaan sama orang :(. Btw, ini tergolong kelebihan atau kekurangan sih??? XD

10. Berjiwa Sosial Tinggi

11. Cinta Lingkungan

wahwahwah… kelebihannya udah banyak aja ya XD. Hahahahah. oke sekarang kita coba ke kekurangan kita.

#Kekurangan

1. Ga terlalu cantik. XD #Fakta

2. Ga pedean

3. Pemalu 

4. Sedikit keras kepala.

Aku bakal mempertahankan apa yang aku anggap bener. apa lagi kalau beradu argumen soal politik. XD huahahahhahaha

Terus apa lagi ya….

Oiaaaa……,

5. Sensitiv.

Ini kekurangan aku banget nih. Iaaa cepet banget merasa emosional. Kalau liat sesuatu yang mellow, yang sedih. pasti nangis. Wong nonton film 99 cahaya aja aku nangis. Apa lagi pas nonton film Kimi to boku, Banjirrrrr sampe terisak isak. :'(.

 

Wahwahwah….. Kok rasanya terasa jauh lebih mudah ya nulisnya disini. Ketimbang nulis di binder. huahahahha XD. Ngerjain ini aku jadi keinget sama komik jepang seputar sifat golongan darah. 😀 Huahahahha. aku rasa golongan darah aku A resesif deh. 😀 huahahhaha. ( Maksudnya bukan A dominan yang  gennya * IA-IA* melainkan A resesif yang gennya * IA-IO* XD )

Soalnya pas aku baca tadi tuh komik. tipe golongan darah

1. Golongan darah A

 

Orang-orang dengan golongan darah A di percaya memiliki sifat terorganisir, konsisten, sangat mudah bekerja sama tapi selalu cemas (terlalu perfeksionis) sehingga mudah membuat orang lain tidak suka.

Mereka juga  diketahui memiliki ketenangan saat situasi kritis bahkan saat semua orang panik. Namun, mereka cenderung menghindari konfrontasi dan tidak nyaman di dekat orang yang tidak cocok.

Golongan darah A yang pemalu, cenderung sangat sopan. Tapi semua orang dengan golongan darah A memiliki kesamaan yaitu tidak pernah benar-benar merasa cocok dengan orang lain. Mereka sangat bertanggung jawab. Jika ada pekerjaan yang harus dilakukan, mereka lebih memilih untuk mengurus sendiri. Mereka termasuk orang-orang mendambakan kesuksesan dan perfeksionis.

Orang-orang bergolongan darah A juga sangat kreatif dan paling artistik dari semua tipe darah. Kemungkinan besar karena sensitivitas mereka. Orang dengan golongan darah A juga dianggap klasik karena mudah stres.

a. Berkepala dingin, serius, sabar dan tenang.

b. Mempunyai karakter yang tegas, bisa di andalkan dan dipercaya tetapi keras kepala.

c. Sebelum melakukan sesuatu orang bergolongan darah A biasanya memikirkannya terlebih dahulu dan mempunyai perencanaan yang matang. Mereka mengerjakan segalanya dengan sungguh-sungguh dan secara konsisten.

d. Berusaha membuat diri mereka sewajar dan seideal mungkin.

e. Bisa kelihatan menyendiri dan jauh dari orang-orang.

f. Mencoba menekan perasaan mereka dan kelihatan tegar. Walaupun sebenarnya mereka mempunyai sisi yang lemah seperti gugup dan lain sebagainya.

g. Cenderung keras terhadap orang-orang yang tidak sependapat. Makanya mereka cenderung berada di sekitar orang-orang yang bertemperamen sama.

 

Sedangkan.

2. Golongan darah O

Orang dengan golongan darah O orang yang terbuka, enerjik dan sosial. Mereka yang paling fleksibel dibandingkan dengan semua golongan darah.

Mereka mudah memulai proyek tetapi sering mengalami kesulitan berikutnya karena mereka mudah menyerah. Mereka bertingkah dan tidak terlalu dapat diandalkan. Golongan darah O selalu mengatakan apa yang ada di pikiran mereka.

Mereka menghargai pendapat orang lain dan suka menjadi pusat perhatian. Juga, orang dengan darah O sangat percaya diri.

a. Golongan darah O biasanya berperan dalam menciptakan gairah untuk suatu grup dan berperan dalam menciptakan suatu keharmonisan diantara para anggota grup tersebut. Biasanya mereka berjiwa leadership sebagai seorang pemimpin.

b. Figur mereka terlihat sebagai orang yang menerima dan melaksakan sesuatu dengan tenang

c. Apabila kesal terhadap seseorang, mereka susah marah terhadap orangnya langsung.

d. Biasanya pemurah (baik hati), senang berbuat kebajikan. Mereka dermawan dan tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk orang lain.

e. Disukai oleh semua orang meski keras kepala dan secara rahasia mempunyai pendapatnya sendiri tentang berbagai hal.

f. Di lain pihak, mereka sangat fleksibel dan gampang menerima hal-hal yang baru.

g. Gampang di pengaruhi oleh orang lain dan lingkungan.

h. Mereka terlihat berkepala dingin dan terpercaya tapi mereka sering tergelincir dan membuat kesalahan yang besar karena kurang berhati-hati

 

Iaaa aku bangett ni. Yakin banget aku kalau golongan darahku A resesif. soalnya sifat sifat kedua golongan darah ini ada di aku semua. XD huahahahha. Lagian sih menilik dari golongan darah ortu yang semakin memperkuat dugaanku kalau aku A resesif ( IA-IO) karena, golongan darah mamaku = O ( ga tau O dominan apa O resesif) sedangkan golongan darah ayahku=  A ( ga tau juga deh A dominan atau resesif) 😀

Oke deh, palinggak tugas Kewirausahaan kali ini secara ga langsung telah terselesaikan. XD. lega dah legaaaa 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s