Dystopia dan Utopia – 2 Genre Buku Baru

Aaaaa ternyata.., walaupun aku Book Lovers, ternyata aku ย kudet juga ya prihal embel embel yang sangat sangat penting di dunia buku. Aaaaaa ternyata aku kudet. ๐Ÿ˜ฅ Padahal di dunia ini sudah jauh jauh hari hot – hot nya 2 genre baru di dunia buku. Tapi sayang……, beribu sayang aku baru tau 2 genre baru itu beberapa hari yang lalu. Itu pun berkat ketidak sengajaan informasi yang diberikan oleh Bunda Icha. Aaaaaa ailopyoupul bun. my besti di dalam dunia perbukuan. ๐Ÿ˜€ Kalau ngomong sama si bunda seputar buku pastiiiii tiada henti hentinya ๐Ÿ˜€ tiap chatting pasti pembahasannya ujung – ujungnya buku. XD

 

Ya, beberapa hari yang lalu, 2 hari yang lalu kalau ga salah. Sewaktu aku sama bunda lagi ngebicari masalah buku Shatter me. Nahhh, si bunda ada nyinggung genre buku yang selama ini belom pernah aku dengar. Yakni genre Dystopia dan genre Utopia. Langsung saja deh aku shock banget. “Apa bun??? dystopia itu apa bun? belom pernah denger????” ย terus deh si bunda jelasi ke aku kalau dua genre itu ย merupakan genre baru yang terinspirasi dan dicetuskan dari film Hunger Game. yaaa..

 

dystopiautopia

 

Menurut penjelasan bunda icha kepaa saya beberapa hari lalu aku dapat menyimpulkan bahwa:

1. Genre Dystopia itu adalah sebuah genre buku baru dimana dalam buku tersebut menceritakan tentang keadaan dunia di masa yang akan datang. Namun… ada namunnya ni. Keadaan dunia yang dimaksudkan dalam genre tersebut sedang kacau balau. Hancur lebur. Pokoknya keadaan bumi yang semeraut lah, perang dimana mana, pokoknya keadaan dunia lebih hancur dari masa sekarang. Contoh ย buku yang termasuk genre itu adalah: Hunger Game. Trilogi Maze Runner, Divergent. Sedangkan untuk Genre

2. Genre Utopia itu adalah sebuah genre buku baru dimana dalam buku tersebut menceritakan tentang keadaan dunia di masa yang datang. Namun keadaan dunia itu lebih aman nyaman, tentram dan damai. Untuk contoh bukunyaaa apa ya…. aku kurang tau deh untuk contoh buku dengan genre ini. Hmmm. Apa mungkin The Giver ya?? soalnya keadaan dunia di dalam cerita tersebut ya aman tentram damai cuma ya gitu kehidupan mereka dibatasi oleh kekangan. tapi ga tau juga sih. ๐Ÿ˜€

 

Meskipun di dalam dunia novel dan buku, genre Dystopia lebih seru dan menegangkan untuk dibaca ketimbang genre Utopia. Tapi aku yakin 100%, ย kalau kita “Manusia” jika disuruh untuk memilih keadaan masa depan seperti apa yang di harapkan kelak otomatis donk yang Utopia. Ga kebayang deh kalau masa depan dunia itu seperti yang di dalam buku ber genre dystopia

 

 

 

 

 

 

5 thoughts on “Dystopia dan Utopia – 2 Genre Buku Baru

  1. pengetahuan baru, kalau Utopia aku tau, yg Dystopia baru tau ๐Ÿ™‚ Utopia jg jadinya dipake di nama2 brand gitu yah, krn kayaknya artinya bagus.
    Btw, byk jg tuh cerita yg campuran kedua nya, disebut apa tuh ya? :p

    • ia mba, saya juga baru tau kemaren. Wah untuk yang campuran ke 2 genre tersebut saya kurang tahu sebutannya. coba ntar sy tanya lagi sama temen sy ya mba. ๐Ÿ˜€ btw, contoh bukunya apa ya mba? ๐Ÿ˜€

  2. Wah sangat membantu informasinya, nyari nyari definisi dystopia langsung ketemu yang ini,mudah dimengerti, terimakasih ^^

Leave a Reply

