Menanam Pomegranate Super Red Dari Biji

Hai temen – temen bloger semua, udah lama yaaaa ga ketemu. πŸ˜€ Yaaa udah lama banget ga nge-post tulisan baru di blog ini. Abisnya lagi ga ada bahan, terus… lagi galau ni. galau nyusun skripsi. Haaaa cepet banget ya waktu berlalu. kayaknya baru tahun kemarin saya posting masalah kegalauan saya pas nyusun tugas akhir pas jama D3. Ehhh ini sekarang udah mau posting tentang kegalauan skripsi. Oke mari kita lupakan sejenak masalah skripsi itu, mari kita skip…skip kegalauan skripsi di postingan ini. Tapi ingat, di skip di postingan ini aja, tapi harus tetep di realisasikan secara nyata biar tahun ini bisa wisuda. Amiiiinn ya allah, aminnn

 

Oke, tema tulisan aku kali ini mengenai berkebun. (Akhirnyaaaa!!! punya bahan mengenai berkebun :D) Semua ini bermula dari aku yang bener bener ngidam makan buah pomegranate alias buah delima. But, jangan mikir yang engga – engga dulu ya. ngidam disini maksudnya kangeeen bangett dan pinginnn nambah lagi makan buah pomenya. Hmmm raasanya itu loooh. Pertama kali makan buah pomegranate itu…, pas masih sd kelas 3. waktu itu tetangga rumah lama Β nenek punya pohon delima. cuma ya delima putih bukan delima merah. tapi wihhhh rasanya segerrr banget manisssss. Setelah itu ga pernah lagi mencicipi buah delima lagi. Hinggaaaa bulan desember kemarin, waktu uwak ku baru pulang dari berastagi bawa oleh oleh buah delima, memang siih cuma kebagian satu, tapiii aaaa rasanya yang super seger itu lohhh. Dan bedanya lagi, buah delima yang dari uwak itu warnanya merah semi pink gitu. Ya buah delima merah lokal sih, ya yang hasil silangan indonesia. Ga merah merah banget.

pome

 

Nahh, setelah itu aku mupeng sama tuh buah. Pinginnnnn pinginnn pinginnn banget kayak orang ngidam,. XD susah bo’k carinya. Terutama yang pomegranate super red. Wihh susahhh. udah 3 supermarket besaar aku kunjungi untuk cari buah delima super red itu. dan walasil…. eng-ing-enggggg ga ada yang super red, ada sih yang merah cuma yang lokal punya. Pokoknya di 3 supermarket terbesar di medan itu ga ada deh ditemui buah pomegranate super red. Hikkshikks tertunda dan menahan ngidamnya.

pometree

Pohon buah pome. Buat mupeng aja tuh buahnya

 

Lalu…, beberapa minggu kemudian, mba noni ada update postingan pas kak noni ke pasar berastagi. Daaaaannnnnn pas aku baca postingan itu, ternyata di berastagi sana ada jual buah pomegranate super red. πŸ˜₯ hikshiks . Masak iyo sih, harus ke berastagi hanya untuk si buah delima super red. Oke akhirnya harus aku tahan lagi ni nafsu dunia. >_<
Iyaaaa maksud hati sih nahan nafsu, tapi tetep aja kalau lagi iseng suka buka youtube tentang ladang pomegranate. atau cari dengan judul “Harvest pomegranate” huahahahhah XD makin mupeng deh akhirnya.

 

Namun tenang….., semua mupeng itu akhirnya indah pada waktunya. Akhirnya AKU MENEMUKAN BUAH POMEGRANATE SUPER RED NYA !!!!! Yeayyy!!!! Iyaaaa AKHIRNYA, tapi harganya mihil bingitttt. pomegranate putih sekilonya 38 ribu, pomegranate merah lokal sekilo 39 ribu. nahh yang pomegranate super red harganya sekilo tuh 68 ribu. :'(. 68 ribu sekilo, dannnn yang tragisnya satu buah pomegranate super red beratnya hampir mencapai satu kilo. πŸ˜₯ nangis guling guling di grosir buah. Tapi karena udah ketara mupeng dan ngidam aku beli deh, itu pun beli yang ukuran yang paling kecil diantara tumpukan buah, dan beratnya yang paling sikit. pokoknya kemaren tuh untuk satu buah yang sebesar kepalan tangan di bayar 34 ribu. πŸ˜₯
bisa beli jeruk 9 kilo kalau di medan XD. Tapi yasudah lah. karena bener bener ngidam dan mupeng pengen punya pohon pomegranate super red akhirnya aku beli deh.

 

Sesampainya dirumah ga langsung aku makan, sayang booookkk 34 ribuuuu habis dalam waktu beberapa jam XD. Jadi aku tunda makan tuh buah sampe besok. Β Aku belah, dan walaaaa. bener bener super redddddd. aku makan, aaaaahhh segernyaaa. manissss. Warna merah buahnya itu mengingatkan kita sama batu rubby. Nahhhh karena udah cari di penjual pohon buah, baik yang di facebook ataupun yang non medsos mengenai pohon pomegranate super red ini dan hasilnya adalah zero, jadinya aku memutuskan untuk mengumpulkan biji biji tuh buah pome.

 

Buat temen – temen, maaf ya foto buahnya dan foto – foto bijinya ga aku upload, Kemarin udah ku foto untuk dokumentasi dan untuk di posting, tapi sayang besok paginya hape matot kena bootloop jadi semua isi memorry harus ilang. Jadinya ga bisa di publikasi tu buahnya. Tapi tenang, untuk foto kecambah dari biji buah pomenya saya punya πŸ˜€

Nahhhh tahap tahap yang ku lakukan sih sebenernya sederhana banget ya. Berikut akan ku jabarkan:

1. Belah buahnya

2. Makan buahnya.

3. kumpulkan bijinya πŸ˜€
Nahh, untuk tahap ke 4, saya bagi menjadi 3.
4.1 biji pada bagian ini, ga saya cuci bersih dan ga saya keringkan. tapi setelah di makan tuh buahnya, dan saya kumpulin bijinya. langsung saya tebar bijinya di tanah. tapi dalam hal ini saya tabur di pot pot bunga lain. Ceritanya numpang tinggal

4.2 biji bagian ini, setelah ku kumpulkan saya cuci bersih hingga bagian ari arinya hilang. lalu keringkan. setelah kering baru di semai. lalu tebar di tanah

4.3 Setelah biji di keringkan saya semai di media tisue.

 

Nah, berkat haril pengamatan yang saya lakukan, tu bijih subjek 4.1 duluan tumbuh ketimbang subjek yang lainnya. Lama berkecambah untuk subjek 4.1 itu berkisar 10 harian. udah deh numbuh. kalau untuk subjek 4.2, rada lama 2-4 hari dari subjek 4.1. Dann beda lagi untuk subjek 4.3, tu subjek ga numbuh tumbuh, bosen saya. akhirnya saya sai di tanah juga. akhirnya ada yang numbuuh. :D.Β Jadi intinya, kalau mau punya pohon pome, sehabis di makan, bijinya langsung di tebar aja πŸ˜€

 

Berikut ini adalah foto kecambah pome umur 1 minggu πŸ˜€

DSC_0029 DSC_0030 DSC_0031 DSC_0032 DSC_0033 DSC_0034 DSC_0035 DSC_0036 DSC_0037 DSC_0038 DSC_0039 DSC_0040 DSC_0041 DSC_0042 DSC_0043

9 thoughts on “Menanam Pomegranate Super Red Dari Biji

  1. Kudu nyoba berkebun juga nih buat mengatasi kegalauan skripsi ya.
    Ah jadi keingetan besok harus ketemu dosbing, tapi bab 1 proposal belum jadi-jadi.

  2. spring ini kita mau nanem pohon pomegranate juga nih, secara kemarin ini ke Armenia dan Georgia disana apapun makanannya selalu ada delima nya, jadi kepengen punya pohonnya sendiri πŸ™‚

  3. Waaaah ayooo yang sabar yaa kerjain skripsinya. πŸ˜‰
    Kita semua pasti pernah ngerasain skripsi atau tesis. Sama2 bikin puyeng. Tapi begitu udah selesai, rasanya lega banget melebihi kelegaan ketika BAB. Hahahaha πŸ˜†

    Saya kemarin coba2 nanem tomat di kosan pake media tanah dan di pot. Tapi GAGAL… soalnya saya gak pake pupuk. Hahaha saya pikir tanpa pupuk dan hanya tanah saja itu tomat bisa tumbuh. πŸ˜†

Leave a Reply

