Bunga Berastagi Yang Bisa Hidup Di Medan

Bunga….., Pada dasarnya jenis bunga itu banyak ya. Ada yang dibedakan berdasarkan spesies, tempat hidup, jenis, famili (atau kekerabatan) dan lain sebagainya. Nah untuk tulisan kali ini saya akan membaginya berdasarkan tempat tinggalnya. Untuk lebih khususnya lagi sih, bunga – bunga yang bisa tumbuh di dataran rendah, contohnya kota Medan. Seperti yang kita ketahui, kota medan itu termasuk dalam daerah dataran rendah. Dan suhu di kota Medan sendiri pernah mencapai 36,5 derajat celcius. Panase mpol. Yakin deh, kalau kita beli ice cream, tuh ice cream bakal meleleh seketika 😀

 

Nah oleh karena udaranya yang bisa sangat – sangat ekstream itu gak semua tumbuhan bisa tumbuh dengan baik di kota medan ini khususnya tanaman bunga. Sebagai pecinta tanaman, aku bakal teriak histeris kalau ngeliat tanaman – tanaman yang cantik. Apalagi saat pergi ke berastagi. Kyaaa pingsan!!! Cakep cakep bangettt. Tapi sayangnya ga semuanya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik saat di boyong ke Medan.  Berikut adalah tanaman – tanaman dari berastagi yang bisa tumbuh di Medan.

 

  1. Herbas (Gerbera jamesonii B)14694795_1683809151934658_2092910994_n

    Herbras (Gerbera L.) adalah tanaman hias yang termasuk dalam keluarga Asteraceae. Herbras merupakan tanaman semak yang hidup bertahun-tahun (perenial). Herbras terdiri dari sekitar 2.000 kultivar dengan bunga yang mempunyai bentuk beraneka ragam dan ukuran diameter antara 5–12 cm. Herbras mulai dibudidayakan pada akhir abad ke-19 di Inggris oleh Richard Lynch seorang kurator di Kebun Raya Cambridge, Inggris. Persilangan dua spesies yang berasal Afrika Selatan Gerbera jamesonii dan Gerbera viridifolia menghasilkan Gerbera hybrida. Sebagian besar kultivar Herbras yang diperdagangkan sekarang ini merupakan hasil persilangan dari keturunan dua spesies Gerbera jamesonii danGerbera viridifolia.

    Cara perawatan tanaman ini sendiri untuk di daerah dataran rendah lumayan gampang. karena termasuk tanaman yang bandel menurutku. Cukup diberi vitamin B12 saat dipindahkan dari polybag ke pot cantik. lalu diberi pupuk setiap dua minggu sekali. Bunga ini juga sebaiknya diletakan di tempat yang cukup matahari. Berikut adalah bunga Gerbera koleksi pribadi yang ada dirumah.

    14697034_1683809351934638_1444680110_n 14686387_1683809301934643_777047608_n 14741767_1683809528601287_898857587_n 14657675_1683809148601325_1456487798_n-1 14628002_1683809455267961_1958157488_n 14627930_1683809211934652_65388755_n 14741158_1683809795267927_1536844445_n14694836_1683809391934634_1679423656_n

     

  2.  Begonia (Begonia obliqua L.)14625365_1683809501934623_1139464854_n

    Sejujurnya saya suka banget sama bunga begonia, terutama begonia grandiflora yang fotonya akan saya sisipi di bawah ini

    03bb3ab225dd75ec0e55ced6c9cc9fa8

    Picture from Pinterest

    Cantik banget kan, cuma belom pernah coba ngerawat tanaman begonia jenis ini di kota Medan, Cuma pernah ngerawat yang begonia jenis biasa. Kalau aku bilang sih ya, perawatannya dan perkembang biakannya cukup gampang. Untuk ngerawatnya itu hanya cukup di letak di tempat yang dapet sinar matahari full. dan jangan terlalu banyak disiram kira kira seminggu 2 kali cukup . pupuk diberikan 2 minggi sekali. Untuk perkembang biakannya sendiri cukup cut aja semua bagian tumbuhannya seperti batang, daun, akar, tumbuh deh. Ini Begonia yang ada dirumah.

    14628017_1683809615267945_1281159448_n

  3. Gladiol (Gladiolus communis )14686608_1683809761934597_108627110_n

    Gladiol berasal dari bahasa latin “Gladius” yang berarti pedang kecil , menunjukkan pada bentuk daunnya yang sempit dan panjang seperti pedang.  Genus gladiolus terdiri dari 180 spesies yang merupakan tanaman semusim berbentuk herba termasuk dalam famili Iridaceae.  Gladiol berasal dari Afrika Selatan dan sudah menyebar di Asia sejak 2000 tahun silam , kemudian pada tahun1730 memasuki daratan Eropa dan berkembang baik di negara Belanda.Gladiol sendiri merupakan bunga tubber, maksudnya disini adalah bunga ini tumbuh dari umbi. Perawatan bunga ini sendiri cukup gampang. karena merupakan bunga tubber, bunga gladiol tidak memerlukan banyak air. Malahan kalau banyak di siram umbi akan busuk, dan tanaman tidak akan jadi tumbuh.

    14658157_1683211045327802_1571410876_n-1

    Di negara Eropa sendiri, bunga gladiol termasuk bunga musim panas, disini artinya bunga ini akan sangat bisa survive tumbuh di tempat panas khususnya medan. Untuk penanaman awalnya. umbi yang di beli harus di rendam selama satu malam untuk merangsan pertumbuhannya

  4. Hydrangeahydrangea

    Untuk ulasan bunga yang satu ini sudah pernah saya posting yang bisa dibaca disini. Meskipun bunga ini bisa survive di Medan, namun bunga ini belum pernah saya lihat berbunga. Dulu saya pernah punya tanaman hydrangea yang saya beli dari berastagi. Cakep banget, warna biruuuu!!! Banyak knop bongol bunganya. Nah knop knop itu mekar satu persatu secara bergantian. namun setelah bonggol knop habis bermekaran, tanaman hydrangea tersebut tidak pernah berbunga. 😦 Semua cara sudah saya coba, mulai dari diberi pupuk B12, Pupuk bunga, Horomon bunga. dllnya namun tetap tidak berbunga. Cuma daunnya saja yang subur. malah daunnya jadi cantik banget. Kilat. Namun akhirnya tanaman ini mati karena di rusak kucing. :3

  5.  Dahlia14694910_1683809675267939_973428160_n

    Siapa sih yang ga kenal bunga ini. 😀
    Hahahha ini merupakan salah satu bunga favoritku juga (Heleh ciiiitt, semua bunga aja bilang bunga favoritmu. rempong deh)

    Entah kenapa tiap beli bunga dahlia ini selalu masalah utamanya adalah hama kutu putih!!!! Kalau ga ada hama itu yakin deh pasti bisa sukses. Traumanya beli bunga ini. cuma tahan 4 hari, hari ke5 udah mulai di serang kutu putih. Etapi dulu ada yang pernah bertahan sampe 3 bulan. Yakni Dahlia Arabian Night yang dibeli dari mbak Nella. Cakeeeep. Lumayan sering berbunga. Namun ya gitu, balik lagi ke penyebab utama kenapa tanamannya mati. Yak Kutu Putih!!! I hateee youuuu kutu putih!!!

    14658361_1683809438601296_905215628_n

    Dahlia Arabian Night. Photo was taken by Me

    Nah itu adalah bunga bunga berastagi yang sukses dengan berbagai minus yang pernah dan ada yang beberapa sampai saat ini masih aku rawat dirumah. Jadi, buat para pecinta bunga yang ada di Medan, yang kebetulan lagi jalan – jalan ke Berastagi, sekarang udah tau donk yaaa bunga mana yang bisa dibeli dan diboyong ke Medan 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s