Anterior Knee Pain

Hola sahabat bloger semuanya!!! Apa kabar?? Semoga baik baik aja ya. Kali ini  saya mau membahas mengenai masalah kesehatan. Boleh donk ya sekali – kali saya bahas masalah kesehatan. Huahahhaha berhubung lagi ada ide untuk nulis masalah kesehatan. Yepp… Idea.  Gak sih ya bukan ide, cuma lebih tepatnya karena ya terjadi “sesuatu”. Sesuatunya itu bakal kita bahas lebih rinci.

Kali ini saya mau ngebahas mengenai masalah kesehatan diseputar persendian, Lebih tepatnya pada daerah Lutut. Ada berapa sih sakit pada persendian yang umumnya kita ketahui?? Pada umunya kita hanya mengetahui 2-3 penyakit pada bagian lutut, yaitu Reumatik, Osteoporosis dan  Asam urat. Namun sebelumnya saya ingin menyinggung sedikit masalah lutut.

Lutut adalah Sendi yang paling besar dan paling kompleks dari seluruh tubuh. Sendi lutut berfungsi untuk menghubungkan antara tulang paha (femur) dan tulang kering (Tiba). Sedangkan Femur, tibia, fibula,dan patella disatukan menjadi satu kelompok yang kompleks oleh ligament. (Ballinger, 2007). 

Ligamen adalah Jaringan ikat yang tersusun dari serat fibrosa yang menghubungkan satu tulang dengan tulang lainnya. Ligamen ini berbentuk pita dan memiliki kekuatan yang sangat kuat, ia berfungsi untuk mengendalikan gerakan sendi. Ligamen memiliki gerak yang terbatas sehingga pergerakan sendi juga terbatas dan ini berfungsi melindungi sendi dari cedera. Didalam lutut sendiri terdapat beberapa jenis ligamen yang menghubungkan tulang lutut dan tulang kering diantaranya adalah :

  1. Anterior cruciate ligament (ACL)
  2. Posterior cruciate ligament (PCL)
  3. Medial collateral ligament (MCL)
  4. Lateral collateral ligament (LCL)

Nahhh untuk kali ini saya mau ngebahas mengenai Anterior Cruciate Ligament (ACL). Anterior Cruciate Ligament (ACL) sendiri merupakan Jaringan pada sendi lutut yang menghubungkan tulang tibia (tungkai bawah) dengan tulang femur (paha). Ligamen ini yang mencegah terjadinya pergeseran tulang tibia sewaktu kita beraktifitas. Ligamen ini sangat kuat dan terletak pada bagian tengah sendi lutut dan menyilang dibagian depan. Fungsi ligamen ini untuk menstabilkan sendi lutut pada gerakan translasi (gerakan depan dan belakang) dan rotasi (gerakan berputar).

lutut1

Anterior cruciate ligament (ACL) adalah ligamen yang paling sering mengalami cidera pada lutut.Penyebab utama terjadinya cedera ACL adalah aktifitas olah raga lari, lompat dengan gerakan berputar (pivot) dan berbelok yang tiba-tiba pada lutut seperti sepakbola, volley, basket. Cedera pada Anterior cruciate ligament (ACL) dapat dialami pada waktu jatuh dengan tungkai bawah (tibia) terdorong kebelakang terhadap tulang paha (femur) seperti pada waktu jatuh akibat tackle pada sepak bola dan kecelakaan lalulintas. Sebab lain adalah lompatan dengan lutut lurus yang berlebihan (hiperekstensi). Derajat kerusakan ACL ini tergantung posisi lutut, arah dan besar kekuatan benturan pada lutut waktu cedera. Dan umumnya lebih banyak dialami oleh wanita dari pada pria.
Nah terus apa sih cit Anterito Knee Pain?? Untuk sakit pada bagian lutut satu ini sebenarnya sudah sangat sering terjadi khususnya untuk orang – orang yang demen banget olah raga seperti saya. 😀 Anterior Knee Pain adalah nyeri yang terjadi di depan dan tengah lutut. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak masalah yang berbeda, termasuk:

  1. Chondromalacia patela – pelunakan dan kerusakan jaringan (tulang rawan) di bagian bawah tempurung lutut (patella)
  2. Runners Knee (kadang-kadang disebut patela Tendinitis)
  3. Lateral compression syndrome – patela trek lebih ke bagian luar lutu
  4. Quadriceps tendinitis – rasa sakit dan nyeri pada tendon lampiran paha ke patela
  5. Patela maltracking – ketidakstabilan patella pada lutut

 

Kenapa sih cit bahas masalah ini?? saya bahas masalah ini nih karena sebulan yang lalu mama mengalami kecelakaan. Awalnya sih hanya memar biasa, namun setelah 3 minggu  ada terjadi pembengkakan  di area seputar lutut. Pembengkakan tersebut disertai nyeri dan  timbul warna merah yang cukup gelap hampir di seluruh bagian lutut. Diagnosis dokter sih setelah 2 kali perjumpaan, katanya kemungkinan itu bermasalah di bagian Anteriornya, nah terus tu dokter ortopedi yang sangat kece meminta saya untuk membaca lebih lanjut mengenai maslah Anterior Knee Pain. yowes deh, saya ulik dan sekalian di publish ilmu yang saya dapet. Hitung hitung share ilmu kan ya.

Oke mari kita ulik gejala awal dari nyeri Anterior cruciate ligament (ACL) ini. Menurut artikel yang saya baca sih ya…., gejala awal berupa nyeri langsung saat cedera disertai suara dari lutut akibat putusnya ligament dan timbul bengkak yang terjadi beberapa waktu setelah cedera. Setelah nyeri dan bengkak berkurang lutut terasa tidak stabil (giving way) dan seperti seakan lutut lepas (loose). Pasien merasa berjalan melayang seperti menggunakan sepatu roda karena perasaan tidak stabil pada lutut.

knee1

Nah mengapa dokter ortopedi yang kece itu mendiagnosis mama terkena nyeri pada bagian anterior mungkin dikarenakan diagnosa yang diterima dokter pada saat berkunjung 2 minggu yang lalu. Memang luka dan lebam akibat jatuhnya sudah hampir 3 minggu. namun saat 3 minggu di awal, tidak ada muncul bengkak sama sekali pada bagian lutut, Namun pada minggu ke 4 baru mulai timbul bengkak merah pada seluruh bagian lutut. Mama sama sekali tidak bisa berjalan dan jongkok. Tapi ini masih diagnosa awal saja loh. Untuk diagnosa lebih lanjut dokter ortopedi yang kece menyarankan mama untuk tes MRI. But hari ini saya tanya mama katanya sih semuanya udah oke, gak ada bengkak dan nyeri. Namun budeku yang kebetulan dokter juga mengatakan. kalau udah baik tidak usah MRI. Ya tau lah ya.. MRI kan menggunakan medan magnet dan gelombang frekuensi radio tanpa radiasi sinar X atau bahan radioaktif. Otomatis pasti sikit banyaknya bakal berpengaruh bagi tubuh.

Nah untuk pengobatannya anterior ini bakal dibahas lebih lanjut.  Soalnya konsul ama si dokter ortopedi yang kece itu lagi bakal dilaksanakan hari rabu depan. soo waiting yaaa 😀

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Anterior Knee Pain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s