PCL Tear (Posterior Cruciate Ligament)

Sebenernya ini nih kelanjutan dari tulisan yang kemarin dan yang juga kebetulan sebuah request dari mama. ( Tie, tolong cari kan info la mengenai PCL Tear di google, nanti kasi tau mama ya). Yaudah deh, karena request ini singkron dengan tulisan yang kemarin ya sekalian aja diterusin yakan. ๐Ÿ˜€ sekalian sharing ilmu

Untuk topik kali ini kita akan membahas mengenai salau satu jenisย Knee pain lainnya. Ya yakni PCL Tear.

375x321_posterior_cruciate_ligament

 

Apaan sih itu PCL Tear mari kita bahas satu satu. Yang pertama kita bahas itu adalah PCL, PCL (Posterior Cruciate Ligament ) merupakan Ligamen sendi yang berada di dalam lutut yang fungsinya sama seperti ACL ( Anterium Cruciate Ligament) ย yakni menghubungkan tulang paha (Femur) dan tulang kering (Tibia). Sebenernya sama saja seperti ACL (Anterium Cruciate Ligament). Penyebab terjadinya PCL ( Posterior Cruciate Ligament) sama aja sih seperti penyebab terjadinya ACL (Posterior Cruciate Ligament) Dari pada di tulis ulang mending di baca di sini. (Di Klik aja ya bacaan di sini nya ๐Ÿ˜€ ). Setelah browsing kesana kemari, ya…… kesimpulannya, ย hampir sama sih faktor nya dan proses penanganannya. Bedanya itu… cuma di letak Ligamennya sendiri sih. Untuk lebih lanjut bisa di lihat gambar di bawah ini.

pcl1

acl

 

NB: All pict was takken by google ๐Ÿ˜€ Mohon izin ambil gambar, berhubung untuk ngejelasin ke Mama, harus pake gambar yang nampak dengan detail biar lebih enak.

 

Nah berdasarkan dari gambar di atas dapat di simpulkan, kalau…, PCL (Posterior Cruciate Ligament ) itu berguna untuk membantu kita menekuk lutut kita. saat mau jongkok, sedangkan ACL (Posterior Cruciate Ligament ) itu kebalikannya. Ya… ilustrasi lebih bagusnya ย untuk menggambarkan pola kerja tim antara kedua ligamen tersebut ya saat kita jalan. Saat kita melangkahkan kaki kedepan disitu ACL (Posterior Cruciate Ligament ) berkerja, sedangkan saat kita menumpukan kaki pada saat itu PCL ย (Posterior Cruciate Ligament ) bekerja.

 

Lagi nulis ini, mama balik nge-whatsapp aye, mama: (Tie, PCL ย tear itu bahaya ga???) , Saya : (“Read only”) ahahahah maaf lagi sibuk searching dan nulis ini. But.. disini saya bakalan jawab. Disini setelah saya googling, searching find out kesana kemari, dan akhirnya saya menyimpulkan ya PCL Tear itu sama seperti ACLย . Proses Penyebabnya, dan penanganannya. Ya gimana ga sama…. wong letaknya deketan ๐Ÿ˜€ Bahayanya yaaa semua penyakit itu berbahaya kalau ga langsung di obati. Untuk info lebih lanjut mengenai PCL ( Posterior Cruciate Ligament) klik link yang tadi. ๐Ÿ˜‰

Mohon dimaafkan tulisan ini karena ini hanya penarikan kesimpulan dari hasil baca jurnal jurnal kedokteran dan googling Internet. ย Dan tulisan ini sebenarnya di khususkan dan request dari mama. kalau ada kurang lebihnya mohon saran ya. Terima kasih

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s