Menanam Kurma Dari Biji

Hai semua… baik pendatang baru maupun teman teman blog yang udah lama. Kali ini aku mau ngebahas tentang percobaanku yang ke….. sekian, dengan objek yang semua pasti suka. Kecil kecil… mungil Hitam, sering dijadiin guyonan pas bulan puasa. Pada tau kan?? 😀 Yakkk kurma.

 

Kurma Kurma , (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) (Wikipedia), atau yang dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan “Dates Palm“. Kurma adalah buah yang berasal dari timur tengah yang diketahui memiliki banyak banget manfaat karena terdapat banyak kandungan nutrisi. Buah ini sangat populer, terutama saat bualan Ramadhan.

 

Nahh. balik ke pembahasan mengenai percobaanku dengan objek percobaan adalah kurma. Awal ceritanya itu… saat bulan puasa kemaren tuh ya. Biasa deh.. saat senggang aku nemeni mama ke florist langganan untuk beli tanah dan pupuk. Nah tu abang abang bilang.., kak kakak pernah liat pohon kurma?? terus aku jawab donk. Pernah bang di tv 😛 HAHAHHAHAHA.
lalu si abangnya bilang,”kalau kakak dan ibu mau liat pohon kurma, liat aja tuh di komplek t**** deretan sebelah kanan. ntar ibu ada lihat pohon kurma. itu rumah sodara saya”. aku disitu penasaran donk ya. Lalu mama nanya. “gak di jual”??. Terus si abang jualan bilang… “Enggak bu, kami cuma punya satu, kalaupun dijual pasti mahal, tanamannya masih jarang di Indonesia” Aku disitu angguk angguk

 

Nahh,, sorenya dapet paketan kurma dari nenek, buahnya besar manis dan masih seger, ga terlalu kering. Berawal dari rasa penasaran dan rasa ingin punya ditambah rasa pengen lakukan percobaan.. Yaudah deh, aku coba nanam sendiri, Kalau numbuh alhamdulillah, kalau ga tumbuh ntar kapan kapan coba lagi sampe kapok. 😀 Yaudah deh akhirnya dicoba

 

IMG_20160715_093627 IMG_20160715_093615

Cara penanaman:

  1. Biji kurma. Aku pakai biji kurma yang aku dapet dari buah kurma yang aku makan  😀
  2. Rendam biji selama 5 hari. Mengapa di rendam selama itu? karena bijinya sangat keras dan kering. kalau direndam cuma sehari kurang merangsang pertumbuhan dan perkecambahan biji.
  3. Setelah direndam selama 5 hari, keringkan. ( Bisa juga langsung tanam)
  4. Media tanam… Terserah. Aku asal tancepi ke pot pot bunga yang ada sisa tanah (Kebiasaan. Males buat polybag khusus kecambah. :D) *Toyor*

IMG_20160715_094013 IMG_20160715_094008

Gitu aja sih, lama berkecambahnya…. kurang lebih 2 minggu udah tumbuh tunas akar.

IMG_20160715_093951 IMG_20160715_093948 IMG_20160715_093929

 

Nah ini penampakan setelah 2 minggu. Tumbuh!!!!! 😀

 IMG_20160715_093508 IMG_20160715_093615 IMG_20160715_093627

Dari 15 biji yang aku tanam ada  8 yang tumbuh. alhamdulillah ya. Cuma kata temen…, pohon kurmanya ntar ga bisa berbuah. ada yang bilang harus tentuin mana yang tanaman jantan mana tanaman betina. aihhhh rempong deh. Ntar deh aku cek, teliti, pantau dan apapun namanya. Sekarang tanamannya idup aja udah alhamdulillah. Urusan bisa berbuah enggaknya kita liat nanti. mbok tanamannya belom juga sampai setengah meter :D.
Update tanamannya bakal aku tulis 3 bulan kedepan ya.

Leave a comment